Kapolres Tapsel Irup Peringatan Harkitnas Ke-114 Tingjat Kabupaten Tapsel

harian9 author photo

 

TAPSEL | H9
Kepala Kepolisian Resort (Kapolres)  Tapanuli Selatan (Tapsel) AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH,SIK,MH, menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-114 Tingkat Kabupaten Tapsel, di Halaman Parade Perkantoran Pemkab Tapsel, Jumat (20/5/2022).

Upacara dihadiri Wakil Bupati Tapsel, Forkopimda Tapsel, Sekda Tapsel, Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, Kepala Bagian, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Pengurus PKK dan Dharma Wanita Persatuan, serta seluruh peserta upacara terdiri dari Kodim 0212/TS, Yonif 123/RW, Yonif C Brimobdasu, Polres Tapsel, ASN di Lingkup Pemkab Tapsel, mahasiswa, OKP, siswa-siswi dari SMP dan SMA.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (RI) Jhonny G Plate yang dibacakan Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj menyampaikan, peringatan Harkitnas ke-114 tahun. sebagai momentum untuk bangkit dari pandemi Covid-19, yang sudah melanda dua tahun terakhir.

" Peringatan kali ini hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai seremonial saja, akan tetapi pahami esensi sejarah, dan telaah sisi historis di balik peringatan Harkitnas, " ujar Kapolres.

Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno telah menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia dan perkumpulan tersebut merupakan organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern, sebagai sejarah pergerakan kemerdekaan. 

Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya, untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pelajaran dan kebudayaan.

" Kiranya semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontektualisasikan pada kehidupan berbangsa, apalagi di tengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina- Rusia, yang menyababkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil. Kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa, " ujarnya.

Selanjutnya, Kapolres juga membacakan kutipan dari Dr. Sutomo, 'Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapapun juga'.

" Penanganan Covid-19 yang membaik berimplikasi pada kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Juga secara perlahan mendorong pemulihan perekonomian nasional. Perekonomian Indonesia pada triwulan I tahun 2022 terhadap triwulan I tahun 2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen. Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, kecuali Administrasi Pemerintahan dan Jasa Pendidikan, " tuturnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini