Polres Aceh Tamiang Bagikan Brosur PMK Kepada Masyarakat

harian9 author photo

 

ACEH TAMIANG| H9
Polres Aceh Tamiang melalui Sat Binmas membagikan brosur himbauan tentang PMK  kepada masyarakat terkait pencegahan adanya penyakit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada sapi, kerbau, Kuda dan Kambing yang mewabah di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang pada selasa (17/05/2022).

Kapolres Aceh Tamiang melalui Kasat Binmas AKP Simon Purba.S.H mengatakan, kegiatan yang dilakukan adalah menghimbau masyarakat  yang mempunyai hewan ternak seperti Sapi, Kerbau,Kuda dan kambing agar tidak dilepas atau dikandangkan dan guna mencegah penyakit yang mewabah, jika terindikasi segera menghubungi Pos Kesehatan Hewan terdekat,"jelasnya.

"Kepada para Peternak sapi agar lebih perhatian terhadap ternaknya, sehingga terhindar dari penyakit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku). Jika terdapat Sapi yang  mati, secepatnya dikubur guna menghindari penyebaran wabah  terhadap hewan Ternak lainnya.

AKP Simon menambahkan, tanda klinis dan ciri-ciri hewan ternak sapi yang terkena wabah PMK yaitu, suhu badan yang tinggi, keluar lendir berlebihan dari mulut dan berbusa, luka-luka seperti sariawan pada rongga mulut dan lidah. Hewan ternak mengalami pincang, luka pada kaki dan lepasnya kuku, nafsu makan  rendah, lemas, gemetar, dan bernafas cepat, produksi susu turun drastis dan menjadi kurus,"terangnya.

"Untuk daging hewan ternak yang dipotong paksa dapat dikonsumsi  setelah di masak pada temperatur di atas 70°C sampai dengan 80°C derajat selama 30 menit. Organ-organ seperti jeroan dan kelenjar jangan dikonsumsi, harus dimusnahkan, dibakar atau ditanam," ungkap AKP Simon. 

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kasat Binmas diwakili oleh Kaurbinops Binmas IPTU Henok Simanjuntak, bersama Aiptu Mada Kuneng, Aipda Junaidi, Bripka Dedi Firma. (WD-013). 

Komentar Anda

Berita Terkini