Terapkan Surat Edaran Bupati, Babinsa Monitoring PMK

harian9 author photo

 

ACEH TAMIANG| H9
Babinsa Pos Ramil Tenggulun Koramil 07/Kejuruan Muda Koptu Musmulyadi lakukan monitoring Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi milik warga Kampung Selamat, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang. Kegiatan  pemeriksaan dilaksanakan oleh Mantri hewan dari Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Aceh Tamiang pada Sabtu (14/05/2022).

Dalam kesempatan tersebut Koptu Musmulyadi menyampaikan, pengecekan ini bertujuan untuk melihat kondisi  Sapi, agar tidak ada yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) yang akhir-akhir ini marak terjadi di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang,”jelasnya.

"Pengecekan  dilakukan dengan cara berkeliling dari kandang sapi milik warga ke kandang lainnya, untuk memastikan kesehatan hewan ternak sapi yang ada di Kampung Selamat.

Koptu Musmulyadi juga mengatakan, ternak sapi yang terdeteksi terserang wabah Penyakit Mulut dan Kuku sebanyak 28  ekor dari jumlah ternak 1.200 ekor yang ada di Kampung Selamat Kecamatan Tenggulun,"terangnya.

"Diharapkan kepada warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas, apabila di dapati kesehatan hewan ternak Sapinya  dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku  (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh  (lesi pada lidah)," ungkap Koptu Musmulyadi. (WD-013). 


Komentar Anda

Berita Terkini