Tiga Organisasi Pujakesuma Kota Padang Sidempuan Dilantik Secara Bersama

harian9 author photo

 PADANG SIDEMPUAN |H9

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Putra Putri Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuna) Sumatera Utara melantik kepengurusan tiga organisasi Pujakesuma Kota Padang Sidempuan untuk periode 2021-2025, di lapangan SDN Pulo Bauk Pijor Koling Kecamatan Padang Sidempuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Minggu (29/5/2022).

 
Ke tiga kepengurusan organisasi Pujakesuma Kota Padang Sidempuan yang dilantik tersebut masing-masing Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Paguyuban Keluarga Besar (PKB) Pujakesuma, Wanita Pujakesuma dan Generasi Muda (GM) Pujakesuma.
 
Pelantikan ke tiga kepengurusan organisasi DPD Pujakesuma Kota Padang Sidempuan tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Padang Sidempuan Ir. H. Arwin Siregar, MM, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Sidempuan Siwan Siswanto, SH yang juga Ketua Pembina PKB Pujakesuma Kota Padang Sidempuan, Forkopimda Kota Padang Sidempuan diantaranya Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP, Kapolres Padang Sidempuan, diwakili Kasat Intelkam AKP. P. Gultom dan Sekda Kota Letnan Dalimunthe.
 
Selain itu juga hadir mewakili Ketua DPP PKB Pujakesuma H. Ilham Suhardi, SH, Ketua DPW PKB Pujakesuma Sumut Khairum Rijal, ST,M.AP, Ketua Harian DPW Wanita Pujakesuma Sumut Ny. Erlita, Ketua DPW GM Pujakesuma Sumut Dr. Supriadi SE, MM, M.Si, Para ketua DPD PKB Pujakesuma Kabupaten / Kota se Sumut, para MPO, sesepuh DPD Pujakesuma Kota Padang Sidempuan, pengurus, anggota dan kader PKB, Wanita dan GM Pujakesuma Kota Padang Sidempuan, pimpinan OKP, Ormas dan undangan lainnya.
 
Untuk kepengurusan DPD PKB Pujakesuma Kota Padang Sidempuan pelantikan berdasarkan SK DPW PKB Pujakesuma Sumut Nomor : U/XII/2022, tertanggal 15 Desember 2021 yang ditandatangani Ketua dan Sekretaris DPW PKB Pujakesuma Sumut Eko Sopianto, SE dan Joko Susilo, AMD, dengan  susunan kepengurusan DPD PKB Pujakesuma Kota Padang Sidempuan masa bakti 2021-2025 masing-masing, H Purnadi, SE (Ketua Harian), Sugiono, SH (Sekretaris) dan H. Gofar Purnomo (Bendahara), serta dilengkapi unsure Bagian diantaranya Bagian Humas dan Publikasi yang diketuai Riswandy.
 
Sedangkan untuk kepengurusan DPD Wanita Pujakesuma Kota Padang Sidempuan, pelantikan berdasarkan SK DPW Wanita Pujakesuma Sumut Nomor : 3 /SK/DPW-WPJK/VII/2021 tertanggal 15 Oktober 2021, yang ditandatangani Ketua DPW Wanita Pujakesuma Sumut Hj. Chairiah Sudjono Giatmo, SE, dengan  susunan kepengurusan DPD Wanita Pujakesuma Kota Padang Sidempuan masa bakti 2021-2025 masing-masing, Hj. Elliyati (Ketua), Ny. Nurcahaya, S.Sos (Sekretaris) dan Ny. Irma Ayu Kartika (Bendahara), serta dilengkapi unsure bagian-bagian.
 
Sedangkan untuk kepengurusan DPD  GM Pujakesuma Kota Padang Sidempuan, pelantikan berdasarkan SK DPW GM Pujakesuma Sumut Nomor : 03 /SK/DPW-GM-PJK/SU/XII/2021, yang ditandatangani Ketua dan Sekretaris Harian DPW GM Pujakesuma Sumut dr. Supriadi SE, MM, M.Si dan Dedi Tano, dengan susunan kepengurusan DPD GM Pujakesuma Kota Padang Sidempuan masa bakti 2021-2025 masing-masing, Darwanto (Ketua), Siswanto (Sekretaris) dan Bendahara Didi Suprapto, serta dilengkapi unsure bagian-bagian.
 
Ketua DPW PKB Pujakesuma Sumut Eko Supianto SE diwakili Khairum Rijal, ST,M.AP, dalam sambutannya menjelaskan bahwa pelantikan pengurus tiga organisasi Pujakesuma Kota Padang Sidempuan masing-masing DPD PKB Pujakesuma, DPD Wanita Pujakesuma dan DPD GM Pujakesuma Kota Padang Sidempuan dilakukan bersama mengingat keberadaan suku jawa yang mencapai sekira 30 persen menjadi barometer untuk kemajuan oraganisasi.
 
“ Saya minta ke tiga organisasi Pujakesuma yang ada di Kota Padang Sidempuan ini untuk terus menjalin komunikasi dan kebersamaan dan tetap bergandengan tangan dalam membesarkan organisasi Pujakesuma di Kota Padang Sidempuan, “ ujar Khairum Rijal.
 
Sementara Ketua DPRD Kota Padang Sidempuan Siwan Siswanto, SH yang juga Ketua Pembina PKB Pujakesuma Kota Padang Sidempuan, meminta warga Pujakesuma  untuk terus berbenah dan mampu berbaur dengan etnis lainnya di Kota Padang Sidempuan, dengan mengedepankan pepatah Jawa yang rukun, raket, regeng dan rumerkso rumekso sesuai motto Sepi Ing Pamrih (bekerja keras), Rame Ing Gawe (bersemangat tanpa pamrih). Itu dimaksudkan, agar segenap pengurus dan anggota Pujakesuma untuk bersatu dan menjaga silaturahmi serta menjaga keakraban, sehingga organisasi Pujakesuma menjadi organisasi yang besar.
 
Ia juga berjanji akan membantu dan memperjuangkan anggaran bagi ke tiga organisasi Pujakesuma sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk berbagai program dan kegiatan Pujakesuma, sehingga dapat menjalankan roda organisasi dengan baik.
 
“ Organisasi Pujakesuma juga harus bisa mandiri dan jangan hanya bertumpu pada anggaran pemriuntah saja. Tapi jalankan usaha yang ada di dalam wadah organisasi Pujakesuma sehingga kesejahteraan warga Pujakesuma bisa lebih baik ke depan, “ ujar Siwan.
 
Wakil Wali Kota Padang Sidempuan Ir. H Arwin Siregar, MM mengajak kepada warga Pujakesuma yang ada di Kota Padangsidimpuan bersama-sama dalam melestarikan budayanya dengan sebaik-baiknya dan menjadi mitra strategis pemerintah dalam mewujudkan Padangsidimpuan yang Berkarakter, Bersih Aman dan Sejahtera (BERSINAR).
 
Arwin juga berharap warga Pujakesuma dapat menjadi mitra pembangunan disegala lini untuk mendukung segala program pemerintah, serta berperan menciptakan iklim kerukunan umat beragama dan suku budaya di Kota Padang Sidempuan semakin terpelihara dengan baik, santun dan penuh kemajemukan.
 
“ Dengan adanya Pujakesuma semakin menguatkan bahwa di Kota Padangsidimpuan kemajemukan masyarakat dan berangkat berbeda suku dan budaya tetap kompak dan bisa menjadi mitra pembangunan dalam hal yang baik, “ terangnya, sembari mengajak, kepada warga Pujakesuma dimanapun berada tetap guyub dan ikut melaksanakan program pemerintah.
 
Ketua DPD PKB Pujakesuma Kota Padangsidimpuan terpilih H. Purnadi, SE dalam sambutannya menyampaikan, mengucapkan terima kasih kepada DPW PKB Pujakesuma Sumut yang telah memberikan amanah kepada dirinya dan ia juga berjanji akan berjuang keras demi kemajuan organisasi dan anggota, karena dirinya bisa bekerja jika seluruh anggota pengurus nantinya bersatu dan solid.
 
“ Pada intinya saya mengharapkan agar Pujakesuma sebagai salah satu komponen masyarakat di Kota Padang Sidempuan dapat memberikan kontribusinya dalam pembangunan, dengan cara dapat bersinergi yang bersifat saling mengisi dan melengkapi dengan berbagai komponen masyarakat lainnya dan tentunya juga dengan Pemko Padang Sidempuan. Mari kita mulai lagi upaya kita meningkatkan SDM para pengurus dan anggota, kita majukan seni dan budaya Jawa serta kita tingkatkan pemberdayaan ekonomi kreatif wong Jowo, “ tegasnya.
 
Sebelumnya Ketua Panitia Pelantikan H Gofar Purnomo melaporkan, pelantikan pengurus baru tiga organisasi Pujakesuma ini dirangkai dengan menampilkan pagelaran tari Jawa, kuda lumpig dan penyerahan bantuan 200 paket sembako dari Komjen Pol Agus Andriantosekalu Ketua Umum Pembina Pujakesuma pusat kepada kaum duafa warga Pujakesuma.
 
“ Pelantikan tiga kepengurusan organisasi Pujakesuma ini akan menjadi momentum memperat silaturahmi, kebersamaan dan menjaga ke Bhinekaan dengan menjaga keguyuban, rukun dan gotong royong untuk memajukan negara dan bangsa umumnya, serta Kota Padang Sidempuan khususnya, “ ungkap Gofar.
 
Terpisah, Ketua DPD Wanita Pujakesuma Kota Padang Sidempuan Hj. Elliyati, SE menjelaskan bahwa pelantikan yang dilaksanakan bersama ini guna untuk mempererat tali silaturahmi, sekaligus bahwa Pujakesuma mampu berkolaborasi dengan seluruh orhanisasi Pujakesuma lainnya, termasuk kerjasama dengan Pemerintah di Daerah.
 
Ia juga mengucapkan terimakasih kepada pengurus DPW Wanita Pujakesuma Sumut yang telah hadir pada acara pelantikan dan juga seluruh pihak yang telah membantu sehingga acara pelantikan bersama dapat terlaksana dan berjalan dengan sukses.
 
“ Saya mngajak seluruh warga Pujakesuma untuk membesarkan organisasi ini dan saya tekankan agar seluruh pengurus dan anggota Wanita Pujakesuma Kota Padang Sidempuan masa bakti 2021-2025 selalu kompak, karena hari ini merupakan awal dari kita Wanita Pujakesuma untuk membesarkan budaya kita suku jawa, “ pungkas Elliyati. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini