Calhaj Kloter 06 Embarkasi Medan Diberangkatkan Plt Bupati Palas

harian9 author photo

 
PALAS | H9 
Jamaah Calon Haji (Calhaj) Tahun 2022, Kabupaten Padang Lawas (Palas) Tiba diasrama Haji Medan pada hari Rabu, (15/06/2022) pukul.  15.25 wib dengan jumlah bus atau armada angkutan sebanyak 7. 

Selanjutnya Jemaah akan melakukan Registrasi dan Cek Kesehatan yang didampingi oleh Tim Kesehatan Dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten. Padang Lawas. Dari proses regisrasi dan Cek Kesehatan dinyatakan bahwa seluruh Jemaah Calon Haji dari Kabupaten Padang Lawas dinyatakan dapat berangkat. Yaitu 178 Jemaah Haji + 1 Petugas Haji Daerah + 1 Petugas Kesehatan Haji. Dengan kriteria ada 4 jemaah yang memakai kursi roda.

Total kloter 06 embarkasi Medan sebanyak 392 jemaah.
Pemberangkatan Jemaah Haji Kloter 06 Embarkasi Medan diberangkatkan oleh. Bapak Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht., MM., MSi. Kamis (16/06/2022)  pukul. 17.30 dari Asrama Haji Medan menuju Bandara Kualanamu.

Turut Hadir dalam pemberangkatsn tersebut, Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi beserta jajarannya, Kepala kantor wilayah kementrian agama provinsi sumatera utara., Ketua panitia penyelenggara ibadah haji indonesia embarkasi medan., Ketua, wakil ketua dan anggota dprd kabupaten padang lawas, Sekretaris daerah beserta para asisten kabupaten padang lawas., Kepala kementerian agama kabupaten padang lawas., Hadirin dan hadirat, calon tamu – tamu allah yang kami muliakan serta rekan – rekan pers yang berbahagia.

Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht., MM., MSi. Dalam sambutannya mengatakan Pertama – tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat allah swt, karena berkat rahmat dan karunianya, pada hari ini kita dapat menghadiri pelepasan jama’ah calon haji provinsi sumatera utara pada kloter 06 (enam) dengan total 388 orang, yang berasal dari 3 kabupaten di provinsi sumatera utara. untuk kabupaten padang lawas berjumlah 178 orang, tanjung balai 58 orang dan 146 orang dari kota medan. Insyaallah akan tiba di madinah/jeddah pada pukul 00.30 dini hari dengan nomor penerbangan GA 3106.

"Inilah moment yang ditunggu – tunggu oleh jama’ah calon haji setelah dengan sabar menanti untuk memperoleh kesempatan menunaikan rukun islam yang ke-5 (lima) ke tanah suci makkah al mukarramah. Kita patut bersyukur setelah dua tahun lamanya karena covid 19  alhamdulillah pada tahun ini kerajaan arab saudi membuka kembali kuota untuk jamaah haji indonesia walaupun mengalami penurunan dibanding tahun tahun sebelumnya". Ujar Plt Bupati Palas.

Kerajaan arab saudi menetapkan kuota haji indonesia tahun 2022 ini hanya 100.051(seratus ribu lima puluh satu) orang. jumlah itu terdiri atas 92.825 kuota jamaah haji reguler. 7226 kuota jamaah haji khusus dan 1.901 kuota petugas. semuanya berkurang dari kuota normal. Kata Ahmad Zarnawi.

Bapak, ibu yang kami hormati
perlu difahami oleh setiap jama’ah calon haji, bahwa pelaksanaan ibadah haji itu dilakukan di negara asing, sehingga kita harus menghormati aturan, ketentuan, serta budaya yang berlaku di negara tersebut. Jama’ah calon haji hendaknya menjauhi tindakan – tindakan yang tidak terpuji, serta tidak mudah terprovokasi oleh isu – isu yang belum jelas kebenarannya. Untuk menghindari itu semua, jama’ah calon haji hendaknya mengkonsentrasikan dirinya dalam beribadah yang merupakan tujuan utama kedatangannya di tanah suci tersebut. Ungkap Plt Bupati Palas.

Selain itu, sambung Plt Bupati Palas, harus difahami pula bahwa jama’ah calon haji indonesia akan berbaur dengan jama’ah haji lain dari berbagai negara. kita dan mereka akan melakukan ritual ibadah yang sama, dalam waktu yang sama, dan ditempat – tempat tertentu secara bersamaan pula.

Oleh karena itu, kita harus betul – betul menyiapkan diri untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi tersebut. hilangkan sikap egois, buang jauh – jauh sikap arogan dan meremehkan orang lain. bangun rasa kasih sayang dan semangat kebersamaan, perkuat persaudaraan, perkokoh persatuan, kembangkan jiwa solidaritas, pupuk sikap toleransi dan saling menghormati, serta tampillah sebagai sosok haji indonesia yang santun dan berakhlakul karimah. Tutur Ahmad Zarnaw

Sebelum mengakhiri sambutan ini, kami ucapkan terimakasih kepada kepala kantor wilayah kementrian agama provinsi sumatera utara beserta panitia haji. Yang telah memberikan pelayanan prima kepada  para jamaah calon haji baik dalam administrasi sampai kepada pengurusan visa. Besar harapan kami jalinan kerjasama ini dapat terus berlanjut pada masa – masa yang akan datang. 
"Selamat jalan dan selamat menunaikan ibadah haji. Semoga menjadi haji yang mabrur dan mabruroh. Pungkas", Plt. Bupati Palas
drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, Cht, MM., M.Si.  Mengakhiri sambutannya. (WD-041)
Komentar Anda

Berita Terkini