Dorong Ekspor, Wamendag Pimpin Misi Dagang dan Promosi ke Korea Selatan

harian9 author photo


JAKARTA| H9

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menggelar kegiatan misi dagang dan  promosi produk Indonesia di Korea Selatan untuk memperkuat pasar di kawasan Asia Timur serta  sebagai salah satu upaya pemulihan perekonomian nasional. Kegiatan yang dipimpin Wakil  Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga ini akan berlangsung pada 7—10 Juni 2022. 

“Kegiatan ini merupakan langkah nyata pemerintah menjaga dan mendorong peningkatan nilai  ekspor Indonesia ke Korea Selatan. Hal tersebut dilakukan melalui keikutsertaan dalam ASEAN  Trade Fair pada pameran Seoul Food & Hotel 2022, forum bisnis, penjajakan bisnis, juga kerja  sama perdagangan Indonesia-Korea Selatan dalam kerangka Indonesia-Korea Comprehensive  Economic Partnership Agreement (IK-CEPA),” jelas Wamendag.  

Sebanyak 11 perusahaan dan dua asosiasi yaitu Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan Asosiasi  Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) akan hadir mengikuti rangkaian kegiatan misi dagang yang  dilaksanakan secara back-to-back dengan pameran Seoul Food & Hotel 2022 ini. Delegasi  Indonesia juga dijadwalkan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Ministry of Trade,  Industry, and Energy (MOTIE) Korea Selatan terkait kerja sama bilateral Indonesia-Korea Selatan,  antara lain IK-CEPA dan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). 

Selain itu, delegasi Indonesia juga akan melakukan pertemuan bisnis dengan Busan Indonesia  Center (BIC) dan juga dengan Korea Importers Association (KOIMA) dalam kegiatan Indonesia Republic of Korea Business Forum and Business Matching. 

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Didi Sumedi menyampaikan, dalam misi dagang kali ini akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman di bidang perdagangan.  

“Diharapkan, akan terjadi penandatanganan nota kesepahaman setelah pertemuan bisnis antara  pelaku usaha Korea Selatan dengan pelaku usaha Indonesia,” ujar Didi. 

Pameran Seoul Food & Hotel 2022 

Pameran Seoul Food & Hotel 2022 akan diselenggarakan pada 7—10 Juni 2022 di Korea  International Exhibition Center (KINTEX), Seoul, Korea Selatan. Sebanyak 473 peserta akan  mengikuti pameran ini dengan estimasi jumlah pengunjung dari berbagai negara mencapai 12.227  pengunjung. Pameran ini menampilkan berbagai produk makanan dan teknologi makanan dalam  kategori fine food, food ingredients, premium food, dessert & beverage, food packing, dan food  technology.

Sebanyak 14 pelaku usaha Indonesia akan menempati dua Paviliun Indonesia yang merupakan  hasil kerja sama Kementerian Perdagangan dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI)  Seoul dan ASEAN Korea Centre (AKC).  

“Pada Paviliun Indonesia hasil kerja sama dengan KBRI, sebanyak 10 pelaku usaha Indonesia akan  menampilkan produk makanan ringan. Sedangkan, pada Paviliun Indonesia hasil kerja sama  dengan AKC akan menampilkan produk minuman cokelat, air kelapa, keripik kentang, santan,  minyak kelapa, mi, biskuit, dan peralatan makan kayu yang berasal dari empat pelaku usaha  Indonesia,” pungkas Didi. 

Nilai total perdagangan Indonesia-Korea Selatan pada 2021 tercatat sebesar USD.18,40 miliar. Dari  nilai tersebut, ekspor Indonesia ke Korea Selatan sebesar USD.8,98 miliar. Sedangkan, impor  Indonesia dari Korea Selatan sebesar USD.9,42 miliar. Sementara, total perdagangan Indonesia Korea Selatan pada periode Januari—Maret 2022 telah mencapai USD.6,09 miliar. Ekspor  Indonesia ke Korea Selatan tercatat sebesar USD.3,11 miliar. Sedangkan, impor Indonesia dari  Korea Selatan sebesar USD.2,98 miliar. (WP-03/rel)

Komentar Anda

Berita Terkini