Gelar Operasi Patuh Toba 2022, Ini Pesan Kapolres Padang Sidempuan

HARIAN9 author photo
 

PADANG SIDEMPUAN | H9

Polres Padang Sidempuan menggelar Operasi Patuh Toba 2022, melalui apel gelar pasukan, dipimpin Kapolres Padang Sidempuan AKBP. Dwi Prasetyo Wibowo, S.IK di Halaman Bolak Padang Nadimpu Kota Padang Sidempuan, Senin (13/6/2022).

 
Apel gelar pasukan dihadiri Wakil Wali Kota Padang Sidempuan Ir. H Arwin Siregar, MM, Ketua DPRD Kota Padang Sidempuan Siwan Siswanto, SH, Kasdim 0212/Tapsel, Mayor Inf Alex Donald Surbakti, Danton Batalyon 123 / Raja Wali Letda Dono Setio Wahyono, Plt. Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Alfian S.Sos MM, Plt. Kasatpol PP H. Zulkifli Lubis, SH, Ketua Harian Pramuka Kwartir Cabang Padang Sidempuan Drs. Ibnu Hajar serta para Pejabat Utama (PJU) Polres Padang Sidempuan.
 
Sementara Perwira Apel Kasat Lantas Polres Padang Sidempuan AKP Junaidi SH, Komandan Apel Kanit Regident Sat Lantas Iptu. Sulaiman Rangkuti serta diikuti peserta apel Pleton Kodim 0212/Tapsel, Pleton Polres Padang Sidempuan, Pleton Sat Pol PP Padang Sidempuan, Pleton Dinas Perhubungan Padang Sidempuan dan Pleton Pramuka Kwartir Cabang Padang Sidempuan.
 
Usai melalukan pemeriksaan pasukan, Kapolres Padang Sidempuan AKBP. Dwi Prasetyo Wibowo, S.IK berkesempatan menyematkan tanda pita operasi kepada masing-masing perwakilan pasukan masing-masing dari Personil Sat Lantas, Personil TNI (Sub Den Pom), Personil Dinas Perhubungan dan Personil Sat Pol PP.
 
Dalam amanat Kepala Kepolisisan Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Pol. Drs. RZ Panca Putra S, M.Si, yang dibacakan Kapolres Padang Sidempuan AKBP. Dwi Prasetyo Wibowo, S.IK mengatakan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran lalulintas, angka kecelakaan, serta meningkatkan kepatuhan, ketertiban, dan disiplin masyarakat di wilayah Sumut termasuk di Kota Padang Sidempuan.
 
“ Beberapa sasaran Operasi Patuh Toba 2022 ini diantaranya kendaraan bermotor yang tidak layak jalan dan kendaraan yang digunakan untuk balap liar, kendaraan bermotor yang tidak sesuai standart pabrikan, kendaraan bermotor pribadi yang menggunakan asesoris tambahan, sirene, rotator, strobo dan sebagainya bukan untuk peruntukan, dan kendaraan bermotor yang tidak sesuai nomor registrasi dan specter, “ ujar Kapolda.
 
Diingatkannya kepada seluruh personil yang melaksanakan operasi nantinya bisa mengedapankan kegiatan persuasif, edukatif, dan humanis ssrta serta penegakan hukun secara elektronik maupun teguran dan agar selalu menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.
 
“ Dengan kepatuhan berlalulintas jajaran kepolisian akan memberikan tindakan tegas terhadap setiap pelanggaran, diantaranya yang kerap terjadi, tidak memakai helm, tidak membawa dokumen kendaraan, kendaraan tidak sesuai spesifikasi teknis dan melanggar rambu-rambu, “ tegasnya.
 
Usai gelar pasukan, Kapolres Padang Sidempuan AKBP. Dwi Prasetyo Wibowo, S.IK didampingi Kasat Lantas AKP Junaidi SH, mengatakan, Operasi Patuh Toba 2022 yang digelar serentak di Sumatera Utara termasuk Polres Padang Sidempuan, berlangsung selama 14 hari terhitung tanggal 13-26 Juni 2022.
 
“ Kami berharap selama Operasi Patuh Toba 2022 berlangsung kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Padang Sidempuan mengalami penurunan dan kesadaran masyarakat berlalulintas semakin tinggi, “ terang AKBP. Dwi Prasetyo.
 
Kapolres juga menekankan kepada seluruh personil, agar sebelum melaksanakan tugas, panjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada.
 
“ Laksanakan operasi dengan simpatik dan humanis dan jadilah teladan dalam berlalu lintas untuk memberikan contoh yang baik dan benar kepada masyarakat dan jangan lupa patuhi Prokes, ” pungkasnya.
 
Sementara Wakil Wali Kota Ir. H Arwin Siregar, MM, yang hadir dalam apel tersebut menghimbau kepada masyarakat dan pengguna jalan serta pengguna kendaraan bermotor agar selalu mematuhi aturan berlalulintas yang baik dan benar.
 
“ Saya mengajak dan menghimbau kepada masyarakat Kota Padang Sidempuan kalau sekiranya bepergian dengan menggunakan kendaraan bermotor agar selalu mematuhi rambu-rambu dan aturan berlalulintas yang baik, jangan lupa lengkapi semua adiministrasi dsn surat-surat kendaraannya, selalu menggunakan alat keselamatan berkendara yang cukup dan sesuai standart keselamatan, hal ini trntunya demi kebaikan dan keselamatan kita sendiri, “ pesan Arwin. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini