Ini Pesan PLT. Bupati Palas Saat Buka Manasik Akbar Jamaah Calhaj Tahun 2022

harian9 author photo


 PALAS | H9

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Padang Lawas (Palas)  drg. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, MSi secara resmi membuka pelaksanaan Manasik Akbar Jamaah Calon Haji (calhaj) Kabupaten Padang Lawas di Lapangan Kantor Bupati Palas, Komplek SKPD Terpadu Sigala gala, Jalan Lintas Sibuhuan-Sosa. Senin, (06/06/2022).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas Drs. Abdul Manan dalam laporannya menyampaikan bahwa  jemaah calon haji dari Kabupaten Padang Tahun 2022/1443 berjumlah 178 orang yang terdiri dari 77 orang laki laki dan 101 orang prempuan serta 1 orang TPHD.

Tujuan dilaksanakannya manasik haji sebagai wujud dari miniatur pelaksanaan  ibadah haji dan merupakan manasik haji terakhir sebelum jamaah calhaj berangkat tanggal 14 Mei 2022. 

Lebih lanjut Kakan Kemenag mengatakan, untuk teori dan praktek pelaksanaan ibadah haji telah dilaksanakan dalam 3 zonasi, yaitu : 
Tanggal 19 s/d 20 dilaksanakan di zona Barumun Tengah dan Eks Barumun Tengah,
Tanggal 21 s/d 22 Mei di zona Barumun dan eks Barumun dan Tanggal 23 s/d 24 Mei 2022 di zona Sosa dan eks Sosa kemudian untuk Kabupaten Padang Lawas tanggal telah dilaksanakan tanggal 25 s/d 26 Mei 2022.

Berdasarkan keputusan Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara  Bahwa Kabupaten Padang Lawas masuk pada Kloter 6 yang direncanakan akan masuk Asrama Haji Medan pada tanggal 15 Mei 2022 pukul 17.00 WIB dan tanggal 16 Mei 2022 pukul 21.00 WIB Jamaah Calhaj akan bertolak dari Bandara Kuala Namu menuju Madinah Al Munawwah.

Calhaj asal Kabupaten Padang Lawas akan bergabung dengan Calhaj Asal Kota Tanjung Balai sebanyak 58 orang dan Calhaj Kota Medan sebanyak 146 Orang sehingga total Jamaah Calhaj kloter 6 berjumlah 388 orang termasuk petugas haji.

Terakhir Kakan menyampaikan Ucapan terima kasih atas terselenggaranyan manasik haji ini " Alhamdulillah, saya atas nama pribadi dan Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, para pembimbing jamaah calhaj dan seluruh Jamaah calhaj mengucapkan terima kasih kepada Bapak Plt. Bupati dan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas atas terlenggaranya Manasik Akbar Jamaah Calon Haji Kabupaten Padang Lawas Tahun 2022, kata Kakan Kemenag diakhir laporannya.

Sementara Plt. Bupati Palas Ahmad Zarnawi dalam arahannya mengatakan, bersyukur pada tahun ini kran pelaksaanan haji telah dibuka kembali setelah 2 tahun ditutup akibat   pandemi Covid-19. Namun Pemerintah Arab Saudi melakukan pembatasan kuota jamaah caljah tahun 2022.

"Diantara yang 178 orang ini dipilih by system berdasarkan nomor urut pendaftar, sehingga kemungkinan ada suaminya ikut namun istrinya tidak ataupun sebaliknya, namun kita harus percaya bahwa semuanya adalah merupakan ketetapan dari Allah SWT sehingga yang berangkat hari ini adalah Jamaah Calon Haji yang benar benar di panggil oleh Allah SWT, ujar Plt  Bupati.

Ada beberapa point penting yang sampaikain Plt. Bupati kepada Jamaah Calhaj, diantaranya yakni.
"Jaga kesehatan terutama jaga pola makan, istirahat yang cukup, jaga kekompakan dengan melebur perbedaan, satu kloter ini  harus menyatukan hati, saling bahu membahu karena kita satu PADANG LAWAS". Tutur Ahmad Zarnawi.

Terakhir, Mantapkan tahapan tahapan pelaksanaan ibadah haji agar pelaksanaan ibadah haji nantinya akan berjalan dengan baik pungkas Plt  Bupati Palas, drg. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, MSi.

Turut Hadir pada acara ini wakil ketua DPRD Kab. Palas Syahrun Hasibuan, Kajari Padang Lawas Teuku Herizal, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Sibuhuan Lulik Djatikumoro, SH  MH, Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan M. Saifuddin SHI, Danramil 09/Sosa Lettu Cpl. MS Nasution, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Pimpinan OPD, Camat se Kabupaten Palas, Ketua MUI, Kepala Bank Sumut Cab. Sibuhuan, serta unsur lainnya. (WD-041)
Komentar Anda

Berita Terkini