Kajati Aceh Bersama Bupati Aceh Tamiang Tinjau Bale Rehabilitasi Adhyaksa

HARIAN9 author photo

 

ACEH TAMIANG| H9
Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh, Bambang Bachtiar, SH, MH, bersama Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn, dan segenap unsur Forkopimda meninjau Bale Rehabilitasi Adhyaksa yang berada di komplek RSUD Aceh Tamiang di Karang Baru. Rombongan disambut oleh Direktur RSUD, dr. Andika Putra, Sp.PD, dan Kepala Dinas Sosial, Zulfiqar, dan Kasi Pidum Kejari, Mariono pada Rabu (22/6/2022). 

Mariono Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang,  dalam pemaparannya, terbentuknya Bale Rehabilitasi Adhyaksa di ruangan eks Pinere tersebut, guna memberikan kesempatan rehab bagi tersangka kasus narkoba,"jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur RSUD, dr. Andika Putra, Sp.PD menegaskan, komitmen pihak RSUD untuk mendukung operasionalisasi Bale Rehabilitasi Adhyaksa.  Sejumlah strategi dan prosedur standar operasional balai yang dikhususkan untuk merehabilitasi tersangka kasus narkotika telah dipersiapkan,"jelasnya.

"Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengirimkan sejumlah dokter dan paramedis pendukung operasional Bale Rehabilitasi Adhyaksa untuk melakukan studi banding ke Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta," ucap Andhika. 

Selanjutnya, Bupati Aceh Tamiang Mursil SH MKn menyampaikan, hal tersebut merupakan wujud nyata dari komitmen Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang untuk menurunkan angka korban narkoba di Bumi Muda Sedia,"ucapnya.

"Selain program yang dipaparkan oleh Direktur RSUD, Pemkab Aceh Tamiang akan mengikutsertakan mantan pasien Bale Rehabilitasi Adhyaksa dalam program Skill Development Center (SDC) yang dimiliki oleh Disnakertrans, supaya mereka mendapat kehidupan baru yang bebas narkoba,” ungkap Bupati. 

Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh, Bambang Bachtiar menyampaikan,  keseriusan menjalankan program kejaksaan tersebut yang telah dilakukan di Aceh Tamiang dapat menjadi role model bagi Bale Rehabilitasi Adhyaksa di Kabupaten/Kota lain di Aceh, bahkan nasional,"ucapnya.

"Dalam waktu dekat kami akan mengikuti rapat bersama Jampidum mengenai teknis pelaksanaan program Bale Rehabilitasi Adhyaksa, rencananya secara serentak akan diluncurkan oleh Jampidum," ungkap Kajati. (WD-013). 


Komentar Anda

Berita Terkini