cari


 

Ketua Wantim MUI Tapsel Kisahkan Lahirnya MAN IC

HARIAN9 author photo


 TAPSEL | H9
Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Syahrul M.Pasaribu, SH, menghadiri  acara wisuda sebanyak 60 orang siswa/siswi Madrasyah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kabupaten Tapsel, di aula MAN IC, Kamis (23/6/2022).

Pada acara wisuda tersebut juga dihadiri Wakil Ketua Komisi C Bidang Pendidikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tapsel Mhd.Rawi Ritonga, Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tapsel Drs. Ihwan Nasution, Kepala Sekolah MAN IC Tapsel Abdul Hakim Siregar, S.Pdi, M.Si, para guru, para orang tua siswa yang di wisuda dan undangan lainnya.
 
Dalam sambutannya mantan Bupati Tapsel dua periode itu menceritakan lahirnya sekolah MAN IC Tapsel itu, yang mulanya pada tahun 2014, sekolah MAN IC Tapsel di rancang di atas areal perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapsel dengan menghibahkan tanah seluas lebih kurang 2 hektare.

Namun katanya, setelah berbagai pertimbangan, ia waktu itu menjabat Bupati Tapsel, bermohon kepada H.Yuriandi Siregar yang juga putra mantan Almarhum Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Raja Inal Siregar untuk bisa menghibahkan tanah seluas 10 Ha di Simago-simago Sipirok.

" Lokasi tersebut dianggap lebih ideal untuk jenis sekolah pola Boarding School, serta lebih dekat dengan Ibukota Tapsel Sipirok dan akhirnya MAN IC disetujui mengambil lokasi di Simago-mago, " kata Ketua Penasehat Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Tapsel tersebut mengisahkan.

Setelah melalui proses panjang dan setelah ditandatanganinya kerjasama antara Bupati Tapsel dengan Kemenag RI, akhirnya pada tahun 2015, pembangunan MAN IC Tapsel di mulai, yang sumber anggarannya dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

" Singkatnya pada 17 Juli 2017 MAN IC mulai beroperasi dan diresmikan oleh Bupati Tapsel yang saat itu saya menjabat Bupati Tapsel untuk periode ke dua, " terangnya.

Kepada seluruh siswa yang di wisuda, Syahrul yang juga Wakil Ketua Wantim Golkar Sumut itu mengucapkan selamat kepada seluruh siswa-siswi yamg di wisuda dan berharap teruslah belajar.

" Lanjutkan cita-cita masuk perguruan tinggi. Kalian adalah kader bangsa dan kader ummat serta  calon pemimpin dimasa depan, " tuturnya.

Sementara Wakil Ketua Komisi C (Bidang Pendidikan) DPRD Tapsel Mhd.Rawi Ritonga dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya DPRD Tapsel melalui Komisi yang membidangi pendidikan akan terus bekerjasama dengan Pemkab Tapsel untuk lebih meningkatkan kwalitas MAN IC Tapsel.

" Terimakasih kepada Pak Syahrul yang telah banyak menorehkan karya monumental selama 10 tahun menjadi Bupati Tapsel. Cukup banyak pembangunan yang ditorehkannya, " ucap Rawi.

Sedangkan Kakan Kemenag Tapsel Ihwan Nasution yang turut hadir dan memberikan sambutan menyampaikan, MAN IC adalah sekolah dibawah binaan Kemenag R.I dan hanya satu setiap Propinsi dan saat ini ada 23 campus dari 34 Propinsi di Indonesia.            

Kepala Sekolah MAN IC Tapsel Abdul Hakim Siregar, S.Pdi, M.Si melaporkan, adapun jumlah siswa-siswi yang di wisuda sebanyak 60 orang, terdiri dari 28 orang putra dan 32 orang putri. (WD.014)

Komentar Anda

Berita Terkini