KPU Tetapkan 29 Juni 2022 Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2024

harian9 author photo

PADANG SIDEMPUAN | H9
Tahapan Pemilu 2024 telah dimulai, hal itu ditandai dengan nonton bareng (nobar) peluncuran (launching) tahapan Pemilu 2024 yang dibuka secara resmi oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta melalui zoom dan diikuti serta disaksikan oleh seluruh KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia, termasuk KPU Kota Padang Sidempuan, di Sekretariat KPU Kota Padang Sidempuan, Jalan Kenanga Kota Padang Sidempuan, Selasa (14/6/2022) malam.

Nobar launching tahapan Pemilu 2024 dihadiri Ketua KPU Kota Padang Sidempuan Tagor Dumora Lubis beserta jajaran Komisioner KPU, Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH, diwakili Staf Ahli Wali Kota Gempar Hamonangan Nasution, Ketua DPRD diwakili Erfi J Samudera, Kapolres Padang Sidempuan AKBP. Dwi Prasetyo Wibowo, SIK diwakili Kasat Intelkam AKP. P. Gultom, perwakilan Kodim 0212/Tapsel, Bawaslu dan undangan lainnya.

Usai nobar launching tahapan Pemilu 2024, Ketua KPU Kota Padang Sidempuan Tagor Dumora Lubis mengatakan, launching atau peluncuran tahapan Pemilu 2024 ini, dilaksanakan terpusat dari Jakarta oleh KPU RI dan diikuti oleh seluruh KPU Provinsi, Kabupaten / Kota se-Indonesia, termasuk KPU Kota Padang Sidempuan.

" Kita hanya menyaksikan melakui nobar secara zoom bersama semua stakeholder terkait yang ada di Kota Padang Sidempuan, " kata Tagor.

Tagor mengatakan, adapun inti dari peluncuran tahapan Pemilu ini, sebagai salah satu bentuk sosialisasi, agar masyarakat mengetahui bahwa tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai.

" Hari pemungutan sudah ditentukan yaitu, pada 14 Februari 2024 dan ketika ditarik 20 bulan sebelum hari H, maka tahapan Pemilu ini jatuhnya pada 14 Juni 2022 , yaitu sekarang (hari ini), " ujar Tagor.

Tagor menjelaskan, di tahun 2022 ini ada beberapa kegiatan tahapan menjelang Pemilu 2024. Yang terdekat yaitu pada tanggal 29 Juli 2022 nanti, akan dimulai Pendaftaran Partai Politik Peserta Pemilu 2024, sedangkan untuk tahapan penetapan partai peserta Pemilu 2024, yakni di bulan Desember 2022

" Berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK),partai politik yang memiliki kursi atau partai politik yang lolos parlemen threshold maka dia hanya diverifikasi administrasi saja. Sedangkan partai politik yang tidak lolos parlemen threshold dan partai baru, selain diverifikasi administrasi juga akan diverifikasi secara faktual, " kata Tagor.

Tagor mengharapkan, dengan dimulainya Tahapan Pemilu 2024 ini, ia meminta kepada seluruh pihak untuk dapat bekerja sama, guna mendukung dan ikut mensukseskan pemilu nantinya.

" Karena secara umum, ini tidak hanya menjadi kerja KPU saja, namun dibutuhkan kerja sama seluruh pihak, baik pemerintah dan stakeholder terkait, juga kepedulian masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih nantinya, " pungkas Tagor.

Terpisah, Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH, diwakili Staf Ahli Wali Kota Gempar Hamonangan Nasution, mengapresiasi KPU yang menyelenggarakan nobar tahapan Pemilu 2024, agar masyarakat mengetahui kapan mulai pelaksanaan Pemilu.

" Diharapkan KPU terus mensosilasikan tahapan Pemilu ini ke tengah-tengah masyarakat,agar partisipasi pemilih bisa semakin meningkat, " terang Gempar. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini