Kurun Waktu Dua Bulan, Mahasiswa IAIN Padang Sidempuan Raih Juara Dari Berbagai Perlombaan

harian9 author photo

 

PADANG SIDEMPUAN | H9
Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padang Sidempuan terus melakukan berbagai terobosan khususnya dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di berbagai bidang.

Hal ini terbukti, berbagai prestasi yang cukup membanggakan dapat diraih para mahasiswa IAIN Padang Sidempuan di berbagai event dan setidaknya, selama dua bulan bertiurut-turut prestasi mahasiswa IAIN tidak sepi dari torehan berbagai prestasi yang diraih.

Baru-baru ini, mahasiswa IAIN Padang Sidiempuan mampu 'memanen' juara dengan raihan berbagai prestasi dan mengumpulkan sedikitnya 12 penghargaan dari berbahai kejuaraan dan perlombaan di berbagai bidang pada tingkat regional maupun nasional.

Kabar prestasi pertama muncul dari ajang Lomba Pidato yang dilaksanakan oleh Sekolah Kader Bangsa (SKB) Wa-Salim, pada pertengahan bulan April 2022 lalu, yang pada ajang tersebut mengambil tema, 'Jangan Memilih Caleg Busuk'.  

Pada ajang tersebut, dua mahasiswa IAIN Padang Sidempuan berhasil meraih juara, yakni atas nama Ayulia Soma, yang menorehkan prestasi sebagai Juara II, serta Khairani Nasution, yang mendapat prestasi sebagai juara III.

Kemudian, prestasi juga diraih mahasiswa IAIN Padang Sidempuan pada ajang pemilihan Duta Bahasa Nasional yang digelar oleh Balai Bahasa Sumatera Utara pada akhir bulan Mei 2022 di Medan, yang mana mahasiswa IAIN Padang Sidempuan   atas nama M. Faiz Alfajri yang merupakan satu-satunya perwakilan dari Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), meliputi Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Kota Padang Sidempuan, Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta), Kabupaten Padanglawas (Palas) dan Kabupaten Mandailing Natal (Madina), berhasil meraih prestasi sebagai Duta Bahasa terfavorit.

Selanjutnya kegiatan lomba yang diikuti mahasiswa IAIN Padang Sidempuan, pada ajang English Festival II Tahun 2022, yang dilaksanakan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kabupaten Madina pada 25 Mei 2022,  mahasiswa IAIN Padangsidimpuan berhasil memborong sembilan juara dengan berbagai cabang dalam English Festival tersebut.

Detailnya, mahasiswa IAIN Padang Sidempuan yang berhasil meraih juara dalam lomba tersebut adalah atas nama Era Fazira, yang meraih Juara 1 untuk lomba Speech, Nur Azizah meraih Juara 1 untuk lomba Story Telling, Anggi Handayani Harahap meraih juara 2 untuk lomba Story Telling, Meidy Annisa Hasibuan meraih Juara 1 untuk lomba News Reading, Indah Rizki Nasution meraih Juara 3 untuk lomba Speech, Prilia Dwi Amanda meraih Juara 1 untuk lomba Sing a Song, Arini dan Asyrof meraih Juara 1 untuk lomba Debate Bahasa Inggris, Faiz dan Miqdad meraih Juara 3 untuk lomba Debate Bahasa Inggris dan Masitoh Rahmadani meraih Juara 2 untuk lomba Poem (puisi).

Rektor IAIN Padang Sidempuan Muhammad Darwis Dasopang, M Ag didampingi Humas IAIN Padang Sidempuan H. Ratonggi Hasibuan, MA, Selasa (31/5/2022) menyampaikan apresiasinya kepada seluruh mahasiswa yang mendapat juara dalam berbagai lomba dan berharap mahasiswa yang lain ikut termotivasi dan tidak mau ketinggalan untuk berprestasi menurut bidang dan keunggulannya masing-masing.

“ Semoga dengan partisipasi dan perjuangan mahasiswa dalam mengikuti berbagai kegiatan itu dan berhasil meraih juara, dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa IAIN Padang Sidempuan lainnya untuk meraih prestasi yang lebih baik pada event taraf nasional maupun Internasinonal, " kata Rektor dengan penuh harap.

Terpisah, Sejumlah mahasiswa IAIN Padang Sidempuan yang meraih prestasi saat ditemui di Kampus IAIN Padang Sidempuan mengucapkan terimakasih kepada Rektor, Dekan, Dosen serta seluruh mahasiswa IAIN Padang Sidempuan yang telah memberi dukungan dan support kepada mereka sehingga dapat mengharumkan nama IAIN Padang Sidempuan. 

“ Alhamdulillah kami bisa dapat juara dalam lomba pidato tersebut dan kami juga mendapatkan banyak pengalaman yang menambah wawasan kami dengan mengikuti event nasional ini, " terang Ayulia Soma dan Khairani Nasution, yang berhasil meraih juara II dan juara III pada ajang Lomba Pidato bertemakan,' Jangan Memilih Caleg Busuk'.  

Hal senada juga disampaikan M. Faiz Alfajri yang meraih prestasi sebagai Duta Bahasa terfavorit pada ajang pemilihan Duta Bahasa Nasional yang digelar oleh Balai Bahasa Sumatera Utara, bahwa ia merasa termotivasi untuk meraih prestasi lebih baik lagi ke depan.

" Sebagai mahasiswa, saya merasa penting untuk mengambil peran dalam pengembangan bahasa khususnya sebagai mahasiswa yang sedang menjalani di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Pengembangan diri melalui pemilihan duta bahasa Sumatera Utara ini dianggap sebagai wadah yang dapat mengembangkan potensi dan menambah relasi dalam hal pengembangan bahasa, " ungkap Faiz. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini