Pemkab Palas Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

harian9 author photo


 PALAS | H9

Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Pemkab Palas), mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 secara Virtual Bertempat di Lobby Utama Kantor Bupati Padang Lawas, Komplek SKPD Terpadu Sigala-gala, Jalan lintas Sibuhuan-Sosa, Rabu, (01/06/2022).

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila ke -77 Tahun 2022 "Bangkit Bersama membangun Peradaban Dunia"

Secara terpusat Kota Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dipilih sebagai tempat dilaksanakannya Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ke -77 Tahun 2022. Presiden RI Bapak Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan ini.

Kali pertama dan Sejarah baru Kota Ende terpilih sebagai tempat dilaksanakannya peringatan hari lahir pancasila dimana selama ini upacara peringatan selalu dilaksanakan di Gedung Pancasila Jakarta.

Dalam sejarah Ende merupakan tempat Soekarno Bapak Proklamator Indonesia merenungkan dan merumuskan Pancasila ketika Kolonial Belanda mengasingkannya ke tempat ini karena pikiran pikirannya dianggap berbahaya. Yang kemudian Rumusan ini disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI ) yang mewariskan Pancasila sebagai dasar negara.

Dalam kutipan Amanat Presiden Joko Widodo, beliau mengajak seluruh anak bangsa dimanapun berada untuk membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Dikatakan pula, Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua. Pancasila juga sebagai bintang penuntun ketika Bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian. Ini sudah dibuktikan berkali kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karna kita sepakat berlandaskan pancasila.

Presiden juga mengingatkan bahwa tugas seluruh komponen bangsa untuk menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadirannya dan manfaatnya bagi seluruh tumpah darah.

Terakhir Presiden Joko Widodo mengajak seluruh pemimpin bangsa terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, pimpinan parpol, pimpinan ormas dan pimpinan lainnya untuk menjadi teladan dan contoh dalam aktualisasi nilai nilai Pancasila dan mengajak seluruh masyarakat bergerak aktif memperkokoh nilai niai Pancasila untuk mewujudkan Indonesia Maju dan cita cita proklamasi kemerdekaan.

Turut hadir mengikuti upacara virtual ini Ketua Pengadilan Negeri Sibuhuan Lulik Djatikumoro, SH, MH, Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan M. Saifuddin SHI, Pabung  Kodim 0212/ TS Kapten ARH Saleh Hasibuan, Asisten I Bidang  Pemerintahan Panguhum Nasution, S.Sos, M.AP, Asisten III Administrasi Umum Drs. Amir Soleh Nasution, Para pimpinan OPD, para Camat se Kabupaten Padang Lawas, Kabag Setdakab. Palas serta Kepala Bank Sumut Cabang Sibuhuan. (WD-041)
Komentar Anda

Berita Terkini