PERIK SIDUA-DUA PROJECT ; Promosi Pariwisata Danau Toba dengan Kearifan Lokal : Seni Pertunjukan & Pembuatan Film.

harian9 author photo



KARO| H9
Danau Toba sebagai salah satu program fokus pemerintah pusat (Super Prioritas, Red) saat ini merupakan kesempatan yang baik dan terbukanya peluang bagi warga Sumatera Utara khususnya untuk bisa berkreatifitas, utamanya kalangan muda (Millenial dan Generasi Z). 

Danau Toba sebagai Monaco-nya Of Asia - nya Indonesa yang sudah di-istilahkan Pemerintah masih menjadi tugas berat untuk diwujudkan jika partisipasi masyarakat belum aktif, jika belum memiliki kesadaran wisata yang tinggi. 

Khusus di Kabupaten Karo, Geopark Tongging, sebagian besar kecamatan Merek 19 Desa masuk kawasan Kaldera Danau Toba (Termasuk Siosar - Relokasi pengungsi Sinabung, akan menjadi Desa ke-20 Kecamatan Merek). Jarak antara Gapura Kaldera Danau Toba (Dekat Kantor Camat Merek) hanya 30 Km dari Kota wisata Berastagi atau 20 Km dari Ibu Kota Kabupaten Karo, Kabanjahe atau 90 Km dari Kota Medan. 

Dalam kesempatan ini, PT. Agro Gegeh Persada sebagai sebuah perusahaan yang bergerak dalam ekonomi Kreatif dan pertanian/Agro, satu diantaranya antara lain adalah Promotor dan Event Organizer. 

Kami hadir mencoba menggagas satu acara untuk melakukan perubahan positif, dengan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat untuk mendukung program pengembangan pariwisata dikawasan Danau Toba, mulai dari sisi Kabupaten Karo. 

Bergerak dari kearifan Lokal bidang Seni Budaya, khususnya Lagu dan Pegelaran Musik, juga Lomba Menyanyi  berbentuk Festival dan Pembuatan Film Layar Lebar. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan animo masyarakat, dengan berperan aktif dengan ragam kegiatan. Hingga setelah acara usai, banyak wadah yang akan lahir, antara lain; Pemandu wisata akan menjadi profesi menarik (Faktor Film), Jumlah Guide akan bertambah, Akomodasi akan berbenah karena Proses produksi Film akan dimulai, berbagai tempat wisata akan ikut terpromosikan, termasuk seluruh potensi wisata akan ter-ekspose. 

Lain sisi Apresiasi terhadap seniman Pencipta lagu akan terwujud dalam tindakan nyata, termasuk penyanyi dan pemusik. Dengan adanya lagu dan seni pertunjukan akan meningkatkan partisipasi, khususnya mereka yang memiliki talenta yang sesuai, dalam event ini akan menjadi kesempatan baik untuk ambil bagian. 

Juga, event ini akan menjadi hal yang menarik bagi sponsorship, baik personal dan korporasi/ perusahaan karena rangkaian kegiatan ini benar-benar memilik manfaat untuk perkembagan sumber saya manusianya, masyarakat pariwisata, sekaligus memiliki dampak yang sangat baik bagi masyarakat, temasuk bertimumbuh kembangnya UMKM dan Ekonomi Kreatif lainnya. 

Adapun tahapan yang telah kami susun sistematis, sebagai berikut ; 
Masa Pra Event (April s/d Juni 2022) 
1. Publikasi di 10 Media Online, salah Satunya Harian9 berjudul ; 19 Desa di Kecamatan Merek Berpotensi Seluruhnya Menjadi Desa Wisata. 
2. Publikasi di SIB (Media Cetak) tgl. 8 April 2022 : Lagu "Perik Sidua-dua" Rahmatsys Barus akan diangkat ke Film berbahasa Inggris dan Karo.
3. Pembetukan Tim Inti Event Organizer (Panitia Pelaksana). 
4. Koordinasi dengan Kadis Budaparpora (Budaya Pariwisata Pemuda dan Olah Raga), Camat Merek dan Ketua Karang Taruna Kabupaten Karo. 

5. Publikasi di Media SIB 4 Kali Terbit, berjudul : 
- Parade Lagu Ciptaan Rahmatsys Barus di Medan
- Santa Hoky Bawakan Lagu Ciptaan Rahmatsys Barus di Medan
- Partisipasi Santa Hoky dan Tio Fanta dalam Parade Lagu Ciptaan Rahmatsys Barus di Medan
- Radio RBK bedah 22 Lagu Ciptaan Rahmatsys Barus 

6. Acara Talk Show bedah Lagu Ciptaan Rahmatsys Barus di Radio RBK Kabanjahe & Live Streaming di Chanel Youtube, Tgl. 4 Juni 2022 
7. Peluncuran Press Release Event Akbar Danau Toba bagian Utara, Tgl. 5 Juni 2022 (Hari ini) 
8. Live Show di Brader Cafe Jakarta ; bawakan lagu-lagu Ciptaan Rahmatsys Barus dan Heyman Sembiring, Saat bersama di Bandung Tahun 80 - an. Dalam Event ini Lily Mariani br Ginting, akan coba membawakan lagu "Perik Sidua-dua dalam bahasa Inggris. Sebelumnya Iiriknya sudah diterjemahkan dari bahasa Karo ke bahasa Inggris. 

9. Penjejakan Brand Ambasador, dalam hal ini kami menargetkan Lyodra Ginting, untuk membawakan lagu Perik Sidua-dua dalam versi Bahasa Inggris pada acara tgl. 28 Oktober 2022  mendatang di Danau Toba Convention Hall/ HDTI Medan. Jika setuju akan dipasang beberapa Billboard Foto Lyodra Ginting dengan Back Ground Danau Toba, Lokasi Foto pada 
Gambar Uang Rp. 1000 tahun 1992. 

10. Publiksi rutin tentang mata acara di Iklan Media Sosial dan Media Cetak/ Elektronik, juga pengadaan kegiatan kolaborasi rutin; Talk Show Radio, Podcase, Live Streaming di Youtube, Up date di Fanpage FB, IG dan Tiktok. Acara Podcase akan digelar di Radio RBK Kabanjah setiap hari Senin Pkl. 15.00 s/d 16.30 WIB selama 20 Kali Tayang, Hingga menjelang Puncak Acara Tgl.28 Oktober 2022. Pada tgl.12 Juni 2022 di kantor Oprasional/ Posko Kegiatan di Tongging (Acara Talk Show; Membahas Rencana kegiatan Podcase Estafet selama 20 Kali pertemuan tersebut.  Selanjutnya, Penyebaran undangan dan proposal kegiatan untuk Sponsorship akan dimulai sejak tanggal 06 Juni 2022. 

11. Posko kegiatan akan dibuka di 4 Titik; Berastagi (Warkop AO), Kabanjahe (Radio RBK), Medan (Studio Muncul Production) dan Tongging (Tongging Geopark).
Masa Event (Juli s/d Oktober 2022) 
1. Live Music di Studio Muncul Production di Medan dan Di Brader Cafe, Jakarta. 
Waktu : Minggu, 4 Juli 2022 

Target / Capaian :
A. Dalam acara tersebut diluncurkan "Minus One", sejenis music player Karoke seluruh lagu Ciptaan Rahmatsys Barus dan akan diabadikan di Chanel Youtube nya sebagai Konten Utama. 

B. Chanel Youtube a/n Rahmatsys Barus sebagai pencipta lagu akan dimonetisasi diumumkan ke Publik agar di-Subscribe sebagai bentuk Apresiasi awal dari penyelenggara kepada pencipta Lagu. 

C. Seluruh lagu Ciptaan Rahmatsys Barus akan di daftarkan ke Kemenkumham agar memilik HAKI atas nama sang Pencipta lagu. 

D. Peluncuran bahwa Event Festival Vokal Solo (Lomba Menyanyi) lagu-lagu ciptaan Rahmatsys Barus telah dimulai setelah berlangsungnya Event Live Musik dengan Konsep Live Streaming. 

2. Babak Penyisihan / Seleksi Festival Vokal Solo Lagu-lagu Ciptaan Rahmatsys Barus di desa Dokan, Kec. Merek 

Waktu : Tgl. 10 - 31 Agustus 2022) 
3. Final Festival Lagu-lagu Ciptaan Rahmatsys Barus di Dermaga / Pelabuhan Tongging. 
Waktu: Tgl. 10 September 2022 

Target dalam acara tersebut : 
1. Mengenalkan Finalis Festival Vokal Solo, dan menentukan Pemenang. 
2. Peluncuran Rencana Pembuatan Film Layar Lebar diangkat dari Lirik Lagu "Perik- Sidua-dua", yang berisi Promosi Pariwisata Danau Toba, Dan Gelar Open Casting Pemain Film tersebut.

3. Kegiatan Peluncuran Wisata Kapal dari Dermaga dan pengenalan Brand Tongging Travel, sebagai tempat bekerja si Pemansu wisata dalam Naskah Film "Perik Sidua-dua". 
4. Live Perform Finalis Festival, dipadukan dengan penyanyi Lawas Lagu ciptaan Rahmatsys Barus Era tahun 80-an dan Penyanyi yang Populer saat ini, termasuk Artis Nasional, acara ini bertajuk "Rinduku di Danau Toba". Live & Konser Perik Sidua-dua akan gelar di Hotel Danau Toba Internasional (Danau Toba Convention Hall). 

Waktu : 28 Oktober 2020
Tempat : Danau Toba Convention Hall/ HDTI di Medan
Target diacara : 
1. Apresisi penuh terhadap pencipta lagu, penyanyi dan pemusik serta hiburan kepada masyarakat luas. 
2. Publikasi Penggarapan Film Layar Lebar
3. Pengumunan nama-nama Pemain Film (Hasil Casting). 
Masa Paska Event 
(November - Desember 2022) 

Produksi Film, Venue Produksi (Lokasi Shoting) pembuatan Film akan berfokus di sekitar Danau Toba, 19 Desa kecamatan Merek Plus Sìosar dan Berastagi. Tentunya akan menjadi animo besar bagi masyarakat sekitar. 

Dan akan publikasi melalui medsos peoses produksinya. Film akan diluncurkan pada awal tahun 2023, Bulan Januari di kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta; selanjutnya akan ditanyangkan dibioskop/ Film Layar Lebar. 

Film yang berisi promosi wisata danau toba dengan dasar kearifan lokal, film berbahasa inggris 80 % dan 20 % sisanya berbahasa Daerah Karo, sebagian ada juga Toba, Simalungun dan Pakpak dengan teks terjemahan (Subtitle) bahasa Indonesia. 

Catatan : 
1. Judul Film-nya belum ditentukan (akan diluncurkan ditanggal 28 Oktober 2022).
2. Saat ini, Proses pembuatan Film sudah dimulai, Naskah Film sudah selesai. 

Kerja Sama Sponsorship atau dukungan Perusahaan dan Perorangan. 
1. Perusahaan 

Dengan ikut sertanya dan peran aktif Perusahaan dalam mendukung rangkaian event ini sebagai sponsor, maka Perusahaan tersebut sudah ikut ambil bagian dalam mensukseskan acara tersebut secara keseluruhan. Kami akan menaikkan Logo (Brand) dan nama Perusahaan diseluruh alat peraga atau perangkat promosi yang kami gunakan

Kami juga akan meng-update setiap hari per hari perkembangan perusahaan sponsor. Juga dalam Podcase setiap hari senin pkl.15.00 - 16.30 (20 Kali tayang) di Radio RBK Kabanjahe akan up date perkembangan sponsor dan kegiatan tersebut tayang di Chanel Youtube dan seluruh perangkat Media Sosial kami gunakan (IG, Fanpage FB dan Tiktok), juga akan cantumkan di Film sebagai pendukung. Sebagai pelaksana kegiatan Tugas dan tanggung jawab kami mempublikasi perusahaan anda sebagai pendukung kami. 

2. Perorangan 
Kami juga menerima dukungan perorangan dalam suksesi rangkaian kegiatan ini, nama-nama donatur perorangan akan kami publikasi dimedia yang digunakan (IG, Fanpage FB, Twiter, YouTube dan Tiktok), juga didalam bagian pendukung pelaksanaan Film Layar lebar tersebut. 

Sumber Dana Lainnya
1. Penjualan Tiket Event tgl 28 Oktober 2022 di Danau Toba Convention Center
2. Uang Pendafataran Peserta Festival
3. Penjualan Merchandise & Aksesoris
4. Dukungan lainnya berbetuk Kerja sama
____________

Penanggung Jawab & Pelaksana : 
Benson Adi Saputra Kaban, S.Sos
PT. AGRO GEGEH PERSADA
Contact Persons ; 
085270006282 - 082175271883
Nomor Rekening : 
BANK SUMUT 25001040001000 
a/n PT. Agro Gegeh Persada
Kode Bank Sumut: 117 

Proses Transaksi keuangan dari pihak Sponsorship Perusahaan dan perorangan, Yang Sah hanya melaui satu nomor Rekening Bank Sumut yang tertera diatas.(rel)
Komentar Anda

Berita Terkini