Personil Polri, TNI dan Masyarakat Lakukan Pemadaman Api yang Membakar Kawasan Hutan di Sipirok

HARIAN9 author photo

 

TAPSEL | H9
Sekira setengah hektar hutan yang berada di kawasan hutan di Desa Ramba Sihasur, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), terbakar, Rabu (1/6/2022) siang.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran hutan dan lahan tersebut, namun puluhan masyarakat dibantu personil kepolisian dari Bhabinkamtibmas Polsek Sipirok dan personil TNI dari Babinsa Ramil Sipirok terpaksa harus berjibaku memadamkan api agar tidak merembet ke wilayah yang lebih luas lagi.

Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH,SIK,MH melalui Kapolsek Sipirok AKP. Ismasya mengatakan, kebakaran hutan itu pertama kali diketahui, saat anggotanya sedang melaksanakan patroli rutin disekitar kawasan hutan.

Tiba-tiba, pada Aplikasi Lancang Kuning, muncul titik api di sekitaran Desa Ramba Sihasur, selanjutnya personil berkoordinasi dengan Kepala Desa setempat guna melakukan pengecekan sesuai dengan koordinat yang muncul di Aplikasi Lancang Kuning.

Bersama Kepala Desa Misnan Ritonga dan sejumlah masyarakat personilnnya langsung menuju titik api untuk melakukan antisipasi dan setelah titik api terdeteksi, personel bersama masyarakat langsung melakukan pemadaman di titik api, agar api tidak merembes semakin luas.

" Proses pemadaman api berlangsung agak lama dikarenakan belum ada pemilik yang sah terhadap lahan itu dan jarak tempuh lebih kurang satu jam. Kondisi medan menuju lahan tersebut juga terbilang rawan, karena banyaknya jurang, " terang Kapolsek.

Dijelaskannya, berdasarkan hasil pengecekan, kawasan tersebut masuk ke dalam Hutan Suaka Alam Margasatwa, bahkan menurut keterangan Kepala Desa, lahan tersebut belum ada pemilik yang sah dan lahan yang terbakar itu juga berbatasan langsung dengan Hutan Suaka Alam Margasatwa.

" Luas lahan yang terbakar lebih kurang 0,5 hektar dan api sudah berhasil dipadamkan, " terangnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini