PLT. Bupati Palas Serahkan Dokumen LKPJ APBD TA.2021 Kepada Pimpinan DPRD Palas

harian9 author photo

 

PALAS | H9

Plt. Bupati Padang Lawas (Palas), drg. H.Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht, MM, M.Si menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) APBD TA.2021 pada Penyampaian, Penyerahan dan Pembahasan LKPJ Tahun Anggaran 2021 dihadapan Rapat paripurna DPRD Kabupaten Palas Jumat, (10/06/2022).

LKPJ adalah laporan berupa informasi penyelenggaraan pemerintahan daerah selama 1 (satu) tahun anggaran atau akhir masa jabatan yang disampaikan oleh kepala daerah kepada DPRD yang bertujuan menyampaikan Laporan kinerja Penyelenggaraan Pemerintah dan Pembangunan yang diamanatkan di dalam Pasal 69 Undang Undang Nomor 23 Tahun sekaligus akuntabilitas bersama antara kelembagaan pemerintah daerah dan DPRD. 

"Hal ini merupakan bentuk konsekuensi dan tanggung jawab dalam memenuhi aspirasi masyarakat yang telah dituangkan dalam APBD Kabupaten Padang  Lawas Tahun Anggaran 2021" Demikian Disampaikan Plt. Bupati Palas.

LKPJ dibagi dalam tiga bagian yaitu, penjabaran APBD, penyelenggaraan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan kabupaten, mencakup penyelengaraan urusan wajib pelayanan non pelayanan dasar, urusan pilihan dan urusan pemerintahan fungsi penunjang dan penyelengaraan tugas perbantuan.

"Untuk itu saya berharap melalui rapat paripurna, pemyampaian LKPJ ini dapat memberikan informasi dan gambaran akan pelaksanaan tanggung jawab pemerintah daerah terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Padang Lawas, Ujar Ahmad Zarnawi lagi selalu Plt bupati palas.

Secara garis besar Plt. Bupati menjelaskan Laporan Realisasi Pelaksanaan APBD Tahun 2021. Rincian jumlah Anggaran setelah Perubahan Anggaran sebesar Rp. 1.100.410.777.974,00 ( Satu triliyun seratus milyar empat ratus sepuluh juta tujuh ratus tujuh puluh tujuh ribu sembilan ratus tujuh puluh empat rupiah) dengan realisasi anggaran sebesar 1.065. 388.650.028,04 ( Satu triliyun enam puluh lima milyar tiga ratus delapan puluh delapan juta enam ratus lima puluh ribu dua puluh delapan koma empat rupiah) atau 96,82%.

Lebih lanjut kata Plt.Bupati terjadi Recofusing anggaran akibat Pandemi Covid 19 sehingga berdampak pada pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan.

Kemudian Plt. Bupati  mengatakan selama Tahun 2021 belum dapat memenuhi harapan banyak pihak karena berbagai alasan termasuk didalamnya akibat pandemi Covid 19 dan perkembangan yang terus bergerak maju serta tantangan dan hambatan lainnya.

"Kita menyadari belum semua program program berjalan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.Kedepanya, saya yakin tantangan dan hambatan akan lebih berat dan beragam. Untuk itu diperlukan dukungan dari semua pihak dan DPRD agar apa yang telah ditetapkan dapat dijalankan sebagaimana mestinya, tambahnya lagi.

Plt. Bupati juga mengatakan bahwa isi keseluruhan dari LKPJ Tahun Anggaran 2021 telah dituangkan lebih terinci dalam Dokumen LKPJ Bupati Padang Lawas Tahun Anggaran 2021.

" Untuk itu kami mengharapkan dewan dapat memberikan pandangan, masukan, evaluasi serta rekomendasi atas penyelenggaraan pemerintah daerah Kabupaten Padang Lawas guna perbaikan dan peningkatan kinerja untuk tahun tahun berikutnya, harap Plt. Bupati diakhir sambutannya.

Pada akhir acara Plt. Bupati didampingi Kajari Padang LawasTeuku Herizal, SH, MH, Wakapolres Padang Lawas Kompol JW Sijabat, Perwakilan dari Kodim 0212 TS, Sekdakab. Padang Lawas Arpan Nst, S.Sos menyerahkan dokumen Laporan Pertanggungjawaban Bupati Padang Lawas TA. 2021 kepada Pimpinan DPRD. Dokumen LKPJ diterima oleh Wakil Ketua I DPRD  H.Irsan Bangun, SE dan Wakil Ketua II DPRD Sahrun Hasibuan.

Turut pula hadir pada acara ini para staf ahli bupati, asisten, sekretaris DPRD, para pimpinan OPD, para kabag Setdakab dan camat se Kabupaten Padang  lawas. (WD-041)
Komentar Anda

Berita Terkini