cari


 

PT Raja Karya Hibahkan Lapangan Uji Praktek SIM Kepada Polres Tapsel

HARIAN9 author photo

TAPSEL | H9

Guna meningkatkan kualitas pelayanan publik, Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) membangun lapangan baru Uji Praktek Surat Ijin Mengemudi (SIM) Polres Tapsel yang berlokasi di komplek Asrama Polisi Sitataring, Kota Padang Sidempuan, yang peresmiannya dilakukan Kapolrres Tapsel AKBP.Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH, Sabtu (25/6/2022).

 
Lapangan baru Uji Praktik SIM yang diberi nama ‘Wicaksana Laghawa’ tersebut, memiliki ukuran lebih luas dari lapangan uji praktek SIM yang sebelumnya berlokasi di Jalan Tapian Nauli (Eks Kantor Bupati Tapsel) dan di lapangan Sat Lantas Jalan SM Raja Mapolres Tapsel.
 
Peresmian yang ditandai dengan penandatangannan prasasti dan pemotongan pita oleh Kapolres Tapsel AKBP.Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH, dihadiri Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si, Wakil Bupati Tapsel Rasyid Assaf Dongoran, Wakil Wali Kota Padang Sidempuan Ir. H Arwin Siregar, MM, Forkopimda Tapsel dan Paluta, Direktur PT Raja Karya, Rahmat Saleh Harahap, Pejabat Utama (PJU) Polres Tapsel, Kepala OPD jajaran Pemkab Tapsel dan Paluta, pimpinan organisasi serta tamu undangan lainnya.
 
Bupati Paluta Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si yang mewakili Kepala Daerah diwilayah hukum Polres Tapsel mengapresiasi apa yang dilakukan Polres Tapsel dalam meningkatkan pelayanan public, khususnya dalam pengurusan SIM di wilayah hukum Polres Tapsel.
 
“ Kami mengapresiasi atas inovasi yang dilakukan Polres Tapsel dalam meningkatkan pelayanan, sehingga mempermudah bagi pemohon SIM untuk mendapatkan SIM baru melalui lapangan uji praktek SIM yang telah disiapkan Polres Tapsel, “ ujar Andar.
 
Sementara Kapolres Tapsel AKBP.Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH dalam sambutannya mengatakan, pembangnan lapangan ujian praktek SIM ini dilakukan, guna meningkatkan kualitas pelayanan Polri khususnya Polres Tapsel kepada masyarakat.
 
Menurut Kapolres, kegiatan ini sejalan dengan program Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dalam hal transformasi Polri menuju Polri yang Presisi, dimana, salah satu transformasinya adalah transformasi pelayanan terhadap masyarakat ke arah yang lebih baik.
 
Dalam kesempatan itu, Kapolres menyebut bahwa selama ini Polres Tapsel belum memiliki lapangan ujian praktek SIM untuk roda 4 dan 6 dan selama ini, Polres Tapsel melalui Sat Lantas melakukan ujian praktek SIM untuk roda 4 dan 6 di jalan raya.
 
“ Lokasinya selama ini di sekitaran eks Kantor Bupati Tapsel, di Jalan Tapian Nauli, Kota Padangsidimpuan. Sekarang kita telah memiliki lapangan uji praktek SIM yang dilengkapi sarana ujian untuk kendaraan maju, mundur, zig-zag, tanjakan, maupun turunan, “ terang Kapolres.
 
Kapolres juga mengatakan, bahwa proses pembangunan lapangan praktek uji SIM untuk roda 4 dan 6 itu bisa terlaksana berkat hibah dari PT Raja Karya. Untuk itu, Kapolres dan jajaran mengucapkan terima kasih kepada PT Raja Karya, yang telah berperan serta dalam pembangunan tersebut.
 
“ Kami menghimbau, bagi pengendara roda 4 atau 6 yang berada di Tapsel dan Paluta yang akan mengurus SIM baru, dapat mengurusnya dengan mengikuti ujian praktek SIM terlebih dahulu. Lapangan ini juga dapat digunakan bagi pengendara maupun warga Kota Padang Sidempuan yang akan mengurus SIM baru, “ ucap Roman.
 
Sebelumnya, Kasat Lantas Polres Tapsel AKP. Sofyan Helmi Nasution dalam laporannya mengatakan, bangunan lapangan uji praktek SIM ‘Wicaksana Laghawa’ Polres Tapsel sarana ujian praktek dan landasan aspal hotmix yang sebahagian merupakan hibah dari PT. Raja Karya dan masa pembangunanya selama 4 bulan.
 
“ Bangunan lapangan ujian praktek SIM ‘Wicaksana Laghawa’ Polres Tapsel ini terdiri dari praktek untuk kendaraan roda 4 dan 6 lengkap dengan landasan zig zag guna melihat kemampuan mengemudi dan kemampuan reaksi pengemudi sebagai persyaratan untuk mendapatkan SIM khususnya SIM A " ujar AKP Helmi.
 
Lebih lanjut, dirinya juga menjelaskan dibangunnya lapangan uji praktik SIM baru tersebut tak lain untuk mempermudahkan para pemohon SIM agar mengetahui tingkat kesalahan sekaligus sebagai evaluasi saat mengikuti uji praktek dan di lapangan tersebut juga telah disiapkan landasan untuk tanjakan dan turunan serta landasan zig zag.
 
“ Semoga dengan dibangunnya  lapangan uji praktik SIM ini, bisa memudahkan para pemohon SIM dalam proses pembuatan SIM baru, yang selama ini lokasinya cukup jauh dan sempit untuk kenderaan roda 4 ataupun lebih, “ terangnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini