Puluhan Personil Polri Diterjunkan Padamkan 20 Ha Lahan yang Terbakar di Paluta

harian9 author photo

 

PALUTA|  H9
Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta). Kali ini, titik api berasal dari sekitaran Desa Aek Bargot, Kecamatan Padang Bolak Julu, Kabupaten Paluta, Minggu (5/6/2022) sekira pukul 10.00 Wib.

Untuk memadamkan api agar tidak sampai meluas, sejumlah personil Polsek Padang Bolak, Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), langsung bergerak menyisir lokasi pasti tempat titik api berada, dengan menggunakan alat Aplikasi Lancang Kuning. 

Usai menemukan titik api, petugas kepolisian menghubungi Tim Manggala Agni dan Kepala Desa Aek Bargot, untuk menuju titik api da  bersama masyarakat setempat, bahu membahu memadamkan api agar tidak semakin meluas.

Kapolsek Padang Bolak, AKP Zulfikar mengatakan, proses pemadaman itu sendiri berlangsung beberapa jam dan para petugas dari Kepolisian dibantu masyarakat turut berjibaku memadamkan api dengan alat seadanya. 

" Lokasi lahan yang terbakar tersebut memiliki kontur tanah hutan dengan medan terjal yang ditumbuhi rumput ilalang. Kemungkinan, api tersebut berasal dari panasnya cuaca atau musim kemarau yang membakar rumput ilalang. Total luas lahan yang terbakar kali ini kurang lebih 20 Ha, " ujar Kapolsek.

Kapolsek mengimbau kepada segenap masyarakat supaya waspada dan menghindari aktivitas di dekat lahan yang dapat memicu terjadinya Karhutla dan diingatkan juga mengingatkan kepada masyarakat, agar jangan membuka lahan dengan cara dibakar.

" Sebab, selain dikuatirkan bisa bahayakan diri sendiri, perbuatan membakar lahan juga sangat merugikan orang lain, " terang Kapolsek. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini