Tiga Tersangka Pembobol Puskemas Pembantu Diamankan Polsek Pancurbatu

harian9 author photo


PANCURBATU| H9
Tiga orang warga Desa Perumnas Simalingkar diamankan Tim Reskrim Polsek Pancurbatu. Diamankanya ketiga orang ini karena mereka adalah tersangka pembobol Puskesmas Pembantu (Pustu) Perumnas Simalingkar, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang. Seorang diantaranya yang menjual hasil kejahatan tersebut.

Untuk pengusutan lebih lanjut, ketiga tersangka masing-masing berinisial RAS (32), DS (27) dan FOB (28) ini diamankan ke Mapolsek Pancurbatu.

Informasi yang diterima dari lapangan, Jumat (10/6/2022), penangkapan tersebut berdasarkan laporan yang diterima dari Hotmarisi Sihite sesuai laporan Polisi Nomor: LP/B/158/V/2022/SPKT/Polsek Pancurbatu/Restabes Medan/Polda Sumut, tanggal 23 Mei 2022.

Dalam laporannya itu, si pelapor mengatakan peristiwa pencurian tersebut diketahui, Senin (23/5/2022) sekira pukul 08.00 WIB. Setelah diperiksa, dari dalam Pustu Perumnas Simalingkar ini, para tersangka menggasak satu unit Laptop merk Eser warna hitam dan satu unit TV LCD ukuran 14" merk Ikedo warna hitam.

Berbekal laporan dimaksud, Tim Reskrim Polsek Pancurbatu langsung melakukan penyelidikan dan olah TKP serta memeriksa saksi. Upaya yang dilakukan petugas pun membuahkan hasil. Pada Rabu (8/6/2022) sekira pukul 18.00 WIB, petugas mendapat informasi tentang keberadaan tersangka RAS.

Tak mau buang waktu, petugas bergegas menuju ke lokasi yang disebutkan, dan berhasil meringkus tersangka RAS tanpa mendapat hambatan. Dari pengakuan tersangka RAS ini diketahui, kalau dirinya melakukan aksi pencurian tersebut ditemani DS dan FOB.

Selanjutnya, dilakukan pengembangan dan petugas berhasil meringkus tersangka DS serta FOB dari tempat terpisah. Barang bukti satu unit TV LCD merek Ikedo ditemukan dari kos-kosan tersangka FOB.

Saat diinterogasi, tersangka RAS dan DS mengaku, mereka menjalankan aksi pencurian tersebut pada Senin (23/5/2022) sekira pukul 02.00 WIB. Dimana, DS terlebih dahulu mencongkel jendela belakang Pustu, sedangkan RAS menunggu di depan.

Selanjutnya, hasil kejahatan itu dijual oleh tersangka FOB dengan menggunakan angkot warna kuning ke Jalan Pancing kepada seorang yang tidak diketahui namanya seharga Rp350.000.

Uang tersebut telah habis digunakan untuk membeli makanan dan rokok Rp150.000, serta Rp200.000 dibagi dengan rincian DS Rp70.000, RAS Rp70.000 dan FOB Rp60.000.

Kapolsek Pancurbatu Kompol Eriyanto Ginting SSos didampingi Kanit Reskrim AKP Amir Sitepu mengatakan ketiga tersangka diamankan terkait kasus pencurian di Pustu Perumnas Simalingkar.

"Dua tersangka beraksi membobol Pustu, sedangkan seorang tersangka lainnya membantu menjual hasil kejahata tersebut," ujar Kompol Ginting.(WM021)

Komentar Anda

Berita Terkini