Tokoh Tabagsel Gaungkan Pemekaran Sumteng di HBH IKAPADA

HARIAN9 author photo

 

JAKARTA | H9
Para tokoh dan ratusan warga Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) baik yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), dari luar Jabodetabek dan yang datang khusus dari Tabagsel, serta Alumni dan pelajar asal Tabagsel se Jabodetabek, ramaikan acara Halal Bi Halal (HBH) 1443 H Ikatan Keluarga Alumni Pelajar Padang Sidempuan (IKAPADA) tahun 2022 di Balai Tetap Setia (BTS) PP. Polri Jalan Siaga Raya Pejaten Barat Pasar Minggu Jakarta Selatan, Rabu (1/6/2022).

HBH yang dinakhodai Badan Pimpinan Pusat (BPP) IKAPADA dipimpin Ketua Umum IKAPADA Pusat Ir. H. Ongku Parmonangan Hasibuan tersebut dihadiri Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH, Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Dolly Pasaribu, Spt, MM, para tokoh asal Tabagsel se wilayah Jabodetabek, diantaranya Prof. Bomer Pasaribu, M Yusuf Siregar (Presiden Siregar Dunia), Mayjen TNI (Purn) Drs. Dahler Hasibuan Drs. H. Marahasian Harahap serta para tokoh adat Angkola di Jabodetabek.

Selain itu juga hadir Wakil Ketua Dewan Perwalikan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Sidempuan yakni, Rusydi Nasution dan Erwin Nasution, SH, Kepala Dinas (Kadis) Keternagakerjaan Kota Padang Sidempuan Rizman K Harahap dan Kepala Kantor Kesbangpol Timbul Halomoan Lubis, serta ratusan anggota IKAPADA dan perantau asal Padang Sidempuan dan Tabagsel dari penjuru Jabodetabek.

Saat menyambut para tokoh dan undangan, Ketua Umum BPP IKAPADA Pusat Ir. H. Ongku Parmonangan Hasibuan (OPH), 'Mangulosi' Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH dan Bupati Tapsel H. Dolly Pasaribu, SPt, MM, sebagai penghormatan dan rasa terima kasih atas kehadiran mereka sebagai tamu kehormatan di acara HBH IKAPADA tersebut.

Di awal sambutannya, Ketua Umum BPP IKAPADA Pusat Ir. H. Ongku Parmonangan Hasibuan mengatakan, karena bulan ini yakni bulan Syawal yang masih suasana Idul Fitri 1443 H yang di rangkai dengan HBH, ia mengucapkan permohonan maaf, minal aidin walfaizin mohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan dan kekhilafan baik yang di sengaja maupun tidak di sengaja.

" Atas nama pribadi, keluarga dan seluruh Keluarga Besar IKAPADA, saya mengucapkan permohonan maaf yang sebersar-besarnya atas segala kekhilafan, semoga dengan kegiatan HBH ini, ke depan hubungan silaturrahmi dengan seluruh kerabat kami khususnya warga Tabagsel baik yang ada di wilayah Jabodetabek, di perantauan dan yang ada Tabagsel sendiri bisa semakin erat dan akrab, menuju kemajuan Tabagsel sebagai tanah kelahiran, " ujar Ongku P Hasibuan

Ongku P Hasibuan yang juga Bupati Tapsel periode 2005 - 2010, juga berharap, IKAPADA sebagai organisasi yang beranggotakan keluarga Alumni pelajar Padang Sidempuan, harus bisa memberikan sumbangsih bagi tanah kelahiran Kota Padang Sidempuan dan berkomitmen memperjuangkan kesejahteraan bagi sesama anggota IKAPADA khususnya dan warga asal Kota Padang Sidempuan yang ada di perantauan. 

" Saya sangat gembira dan antusias menyambut HBH IKAPADA tahun 2022 ini, mengingat silaturrahmi IKAPADA ini, merupakan peryemuan silaturrahim yang pertama kalinya dilaksanakan secara tatap muka, setelah vacum beberapa tahun akibat pandemi Covid-19, " terang OPH.

Disebutkannya, di masa pandemi Covid-19, IKAPADA telah hadir memberi sumbangan alat kesehatan kepada warga Padang Sidempuan di awal merebaknya Covid-19 dan setiap bulan mengadakan Jum'at Berkah berupa pembagian sembako setiap bulannya kepada warga Padang Sidempuan, Tapsel dan perantau di Jabodetabek.

" Jum'at Berkah yang dilaksanakan tersebut ini dimotori pengurus IKAPADA Bidang Sosial dan Kerohanian, dipimpin  Ibu Hj. Ummy Kalsum Siregar dan Ibu Sarintan Siregar bersama tim dari Padang Sidempuan guna  membantu warga Kota Padang Sudempuan yang terdampak Pandemi Covid-19, " ungkapnya.

Terkait dengan wacana pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara Ongku P Hasibuan menuturkan, Tabagsel yang terdiri dari 5 Kabupaten / Kota dan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten induk Tapsel, telah dicanangan sejak beberapa tahun lalu  Namun sangatlah disayangnya, usulan pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara itu sempat terhenti akibat kebijakan moratorium oleh pemerintah.
 
" Tapi, akhir-akhir ini, usul pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara kembali mengemuka dan sangat dibutuhkan, apalagi dengan menjelmanya Tabagsel sebagai lumbung energi nasional, karena selain memiliki wilayah cukup luas juga kaya akan Sumber Daya Alam (SDA), " ujarnya.
 
Melalui momen ini, Ongku P Hasibuan berkeyakinan pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara diharapkan bisa terwujud dan IKAPADA akan terus memberi dorongan dan dukungan atas percepatan pemekaran Propinsi Sumatera Tenggara yang telah lama digagas dan diwacanakan oleh para tokoh Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

" Pemekaran ini sangat dinantikan masyarakat khususnya masyarakat Tabagsel, sehingga perlu diwujudkan dalam masa pemerintahan Pak Jokowi ini, " ujar Ketua Umum IKAPADA Ir. Ongku Parmonangan Hasibuan (OPH), pada acara Halal Bi Halal 1443 Hijriyah IKAPADA, " tegasnya.

Sementara Wali Kota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH yang turut memberi sambutan mengharapkan IKAPADA untuk tetap dapat memberi sumbangsih untuk Kota Padang Sidempuan dalam berbagai sektor.

Irsan juga mengucapkan terima kasih atas sumbangan dan kepedulian untuk warganya yang telah diwujudkan oleh Badan Pengurus Pusat (BPP) dibawah kepemimpinan ananganda Ongku P Hasibuan.
 
" Atas nama Pemerintah Kota (Pemko) dan masyarakat Kora Padang Sidempuan, saya cukup merasa gembira atas munculnya beberapa tokoh IKAPADA yang akan mencalonkan diri sebagai Wali Kota Padang Sidempuan pada perhelatan pesta Demokrasi yang akan datang dan saya mengajak putra-putri terbaik IKAPADA untuk turun ke tengah masyarakat dan menawarkan program unggulannya masing-masing dalam memajukan Kota Padang Sidempuan, " ungkap Irsan.
Sedangkan Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu, S Pt, MM dalam sambutannya memberikan surprise kepada IKAPADA, karena telah diundang menghadiri HBH IKAPADA, meskipun sesungguhnya ia bukan Alumni Padang Sidempuan.
 
" Saya berharap IKAPADA semakin maju dan terus berkiprah untuk kemajuan Padang Sidempuan dan juga Kabupaten Tapsel dan Tabagsel umumnya, " papar Dolly
 
Wakil Ketua DPRD Kota Padang Sidempuan Rusydi Nasution juga berharap agar IKAPADA dapat membantu mahasiswa yang akan melanjutkan studi di perguruan tinggi di Jawa seperti ITB, IPB, UNPAD, dll, termasuk memfasilitasi kerjasama Kota Padang Sidempuan dengan berbagai Perguruan Tinggi unggulan di Indonesia.
 
" Diharapkan IKAPADA dapat memainkan perannya dengan memfasilitasi kerjasama Kota Padang Sidempuan dengan berbagai Perguruan Tinggi unggulan di Indonesia, sehingga tercipta SDM generasi muda Kota Padang Sidempuan yang unggul, " terang Rusydi.

Usai pemberian sambutan, dilanjutkan penampilan Tortor Raja Raja dan Tortor Inatta Soripada, serta Tortor kreasi naposo nauli bulung oleh mahasiswa mahasiswi asal Tabagsel di Jabodetabek, kemudian penarikan undian door prize dari panitia HBH IKAPADA, sehingga membuat hadirin sumringah dan bahagia sambil ikut manortor, marjoget dan bernyanyi di acara yang dikemas apik oleh barisan muda IKAPADA. 

Para undangan warga Tabagsel yang datang dari luar Jabodetabek dan dari Tabagsel sendiri berharap bisa berjumpa kembali di HBH yang akan datang, sambil meneriakkan yel..yel 'Jayalah dan Barokahlah IKAPADA'  (WD.014)




Komentar Anda

Berita Terkini