cari


 

Pemkab Tapsel Tetap Fokus Pada Pembangunan Yang Berkelanjutan

HARIAN9 author photo


 TAPSEL | H9
Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Pemkab Tapsel) terus berkomitmen untuk mewujudkan daerah yang maju berbasis Sumber Daya Manusia Pembangun, dengan melakukan berbagai upaya, yang salah satunya lewat perhatian terhadap pembangunan berkelanjutan.

Hal itu di sampaikan Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Dolly Parlindungan Pasaribu, S.Pt, MM, saat menghadiri pertukaran pengetahuan dan pengalaman pemerintah dan pemangku kepentingan Kabupaten Tapsel ke Kabupaten Aceh Tamiang Propinsi Aceh dalam rangka mendukung pembangunan berkelanjutan, di aula gedung Kantor Bupati Aceh Tamiang, Selasa (2/8/2022).

Pertukaran pengetahuan dan pengalaman antar pemerintah daerah tersebut dihadiri rombongan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapsel yakni Kepala Dinas Pertanian beserta Sekretaris dan Kabid, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kabid, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Dinas Perkim, Kepala Bidang dan Pejabat Fungsional Bappeda, Kepala Bagian Pembangunan Setdakab Tapsel, Kepala Bidang Perizinan dan Investasi Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) dan Camat Angkola Sangkunur.

Kemudian Forum Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (FOKSBI) Tapsel, Mitra Pemerintah Daerah Tapsel yakni, Yayasan Konservasi Indonesia, Lembaga Sipirok Lestari, Yayasan Huta Hita Nadenggan), Kelompok Tani Hutan Saroha, Kelompok Tani Kecamatan Angkola Sangkunur dan Kelompok Tani Kecamatan Angkola Selatan.

Sementara dari Pemkab Aceh Tamiang, hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, serta seluruh Kepala OPD Kabupaten Aceh Tamiang.

Lebih lanjut Dolly menyampaikan, pertukaran pengetahuan dan pengalaman ini setelah ia mengetahui informasi bahwa Pemkab Aceh Tamiang berhasil melakukan Restorasi Agroforestry dan Observasi lingkungan serta pengembangan sektor pertanian, kami menilai baik pertukaran informasi untuk dikembangkan di Tapsel.

Menurutnya, pemanfaatan hutan di Tapsel perlu lebih optimal dikelola dan semua pihak harus bergandengan tangan melakukan konservasi untuk menjaga flora dan fauna didalamnya agar tetap terlindungi dengan baik.

" Seperti di kawasan hutan Batang Toru dan Marancar ada tambang emas dan PLTA, yang merupakan kawasan Orang Utan Pongo Tapanuliensis dan Harimau Sumatera yang begitu dilindungi dunia, maka konsen kita merawat hutan itu, " terangnya.

Sementara dari sisi pertanian Dolly mengatakan, lewat perkumpulan pekebun Sawit Tenggulu Lestari Aceh Tamiang akan terus dilakukan pertukaran informasi untuk dipraktekkan dalam pengembangan kebun sawit di Tapsel.

" Mewujudkan Tapsel yang maju lebih sehat sejahtera berbasis Sumber Daya Manusia (SDM) pembangun, bisa dilakukan lewat pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) yang produktif dan lestari dengan tetap lakukan restorasi alam seperti pengembangan kebun kelapa sawit, " sebutnya.

Tak lupa Dolly mengajak para investor terlebih investor dari Aceh Tamiang sendiri untuk berinvestasi di Tapsel, yang bisa saling menguntungkan kedua belah pihak.

" Seperti kita ketahui daerah Tapsel yang merupakan daerah Safety dan Buffer kawasan hutan, ini akan menarik para investor dan pengusaha serta NGO, yang sudah sejak lama kita undang untuk menanamkan modal di Tapsel, bisa lewat potensi pembangunan dan sarana/prasarana lain sebagainya, " terangnya.

Sebelumnya Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn, menyambut baik kedatangan rombongan Pemkab Tapsel ke daerahnya dan sebagai bentuk perwujudan pembangunan berkelanjutan tak lepas dengan namanya kerja sama.

" Kami menyambut baik kedatangan Bupati Dolly beserta rombongan, dengan senang hati kami juga berkenan untuk saling bekerjasama, dan saling berbagi informasi, demi menciptakan iklim investasi yang kondusif dan produk-produk unggul di kedua kabupaten ini, " ungkap Mursil. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini