cari


 

PT TPL Sepakat Percepatan Pembangunan Jalan Penghubung Pakpak Bharat-Dairi

harian9 author photo


 PAKPAK BHARAT| H9
Jalan penghubung Desa Kuta Jungak (Pakpak Bharat) dengan Desa Sigalingging di Kabupaten Dairi akan segera dibangun. 

Kepastian akan pengerjaan jalur penghubung dua Kabupaten bertetangga ini tertuang dalam surat Kepala dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara kepada Bupati Pakpak Bharat perihal Percepatan Pelaksanaan Pekerjaan Pembangunan Jalan dan Jembatan Provinsi Untuk Kepentingan Strategis Provinsi Sumatera Utara (Provsu). 

Dalam surat dimaksut dijelaskan anatara lain pengerjaan peningkatan struktur jalan Provinsi pada ruas Simpang Jambu Kuta Jungak sampai Batas Kabupaten Dairi.

Masih dalam surat yang sama, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumatera Utara, Ir. Bambang Pardede, M.Eng menjelaskan adanya kendala utama dilapangan yakni Sebagian area yang akan diperlebar merupakan lahan milik PT Toba Pulp Lestari (PT TPL)yang telah lama beroperasi di Desa Kuta Jungak.

Menanggapi hal ini, Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor langsung mengambil Langkah cepat. Langkah ini antara lain dengan mengadakan pertemuan dan diskusi dengan pihak PT TPL dan seluruh pemangku kepentigan lainnya.

Dalam pertemuan yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat hari ini (15/9/2022) di base camp A53 PT Toba Pulp Lestari, semua pihak termasuk PT Toba Pulp Lestari sepakat untuk menyamakan persepsi dan dukungan terhadap percepatan pembangunan ruas jalan Kuta Jungak -Batas Dairi.

Oktavianus Situmorang dan Ardianto Simatupang selaku perwakilan PT Toba Pulp Lestari dalam pertemuan ini senada mengatakan, bahwa pihak PT Toba Pulp Lestari pada prinsipnya sepakat dengan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat serta mendukung pembanguan ruas jalan Kuta Jungak-Batas Dairi yang akan seger adikerjakan oleh PT Waskita Karya selaku pemegang kontrak.

Pt toba Pulp Lestari tentu sangat mendukung sepenuhnya rencana pembangunan ini, kita semua sepakat bahwa ini adalah untuk kesejahteraan masyarakat, saya kira tidak ada alasan kita untuk menolak ini, ungkap Oktavianus Situmorang dalam pertemuan ini.

Sementara itu Bupati Pakpak Bharat melalui Plt. Kepala Pabbelitbangda Pakpak Bharat, Harryson F Sirumapea menjelaskan bahwa pihaknya sangat berharap bagi tercapainya pembangunan ruas jalan ini.

Kita ingin masalah ini segera clear, karena kebutuhan akan segera terbangunnya ruas jalan penghubung Pakpak Bharat-Dairi ini adalah kebutuhan yang sangat mendesak, ungkap Harryson F Sirumapea dalam pertemuan ini.

Senada dengan dia, Kepala Dinas PUTR Hub Pakpak Bharat, Maringan Bancin, ST, MT mengungkapkan kelegaannya atas terciptanya kesepakatan hari ini.

Mudah-mudahan tidak ada hambatan kedepan, kita berharap dengan terbangunnya jalur ini nantinya dapat mempercepat peningkatan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat disekitar sini, ungkap Maringan Bancin optimis.
kemajuan Daerah ini.

Peningkatan kualitas dan mutu jalan penghubung Kuta Jungak-Sigalingging ini juga merupakan bagian dari rencana besar kita untuk juga mendukung Pengembangan Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Wisata Super Perioritas Nasional, dengan adanya akses ini apalagi nantinya akan segera terhubung dengan Kabupaten Humbang Hasundutan dan Provinsi Aceh, tentunya akan semakin memudahkan para wisatawan dari aceh yang akan mengunjungi Danau Toba, ungkap Bupati menjelaskan rencananya di Salak.(WD-045)
Kesepakatan antara Pemerintah Pakpak Bharat dengan pihak PT TPL ini selanjutnya dituangkan dalam sebuah Berita Acara Kesepakatan. 
Komentar Anda

Berita Terkini