cari


 

Rapat Paripurna Penyampaian KUA PPAS P-APBD Tahun 2022, Dihadiri Sekda Palas

HARIAN9 author photo


 PALAS | H9
Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Perubahan Rancangan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kabupaten Padang Lawas (Palas), Tahun Anggaran 2022, yang dilaksanakan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Palas, turut dihadiri PLT Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht., MM., M.Si., yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Arpan Nasution, S.Sos bersama Forkopimda, serta Kepala OPD Pemkab Palas.

Rapat KUA PPAS tersebut, dipimpin langsung Ketua DPRD Palas Amran Pikal Siregar S.SosI bersama Wakil Ketua I H.Irsan Bangun Harahap SE dan Wakil Ketua II Sahrun Hasibuan, Kamis, (22/09/2022), di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Palas Jalan Karya Pembangunan, Lingkungan VI, Padang Luar, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas.

Dalam sambutan Plt Bupati Palas yang dibacakan oleh Sekdakab Palas, Arpan Nasution, S.Sos., menyampaikan bahwa, Dengan berpedoman pada peraturan menteri dalam negeri nomor 77 tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah menyebutkan bahwa sebagai tindak lanjut dari perubahan rencana kerja pemerintah daerah (P-RKPD).

Maka disusunlah perubahan kebijakan umum anggaran (P-KUA) serta perubahan prioritas dan plafon anggaran sementara (p ppas) untuk menyelaraskan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dengan rencana pembangunan tahunan yang dituangkan dalam perubahan rencana kerja pemerintah daerah (P-RKPD) yang digunakan sebagai dasar penyusunan p-apbd tahun anggaran 2022, 

Serta peraturan menteri dalam negeri nomor 27 tahun 2021 tentang pedoman anggaran pendapatan daerah tahun anggaran 2022. kebijakan pembangunan daerah belanja kabupaten padang lawas pada tahun 2022 merupakan tahun ketiga pelaksanaan rpjmd kabupaten padang lawas tahun 2020-2024 dengan visi "meneruskan pembangunan Padang lawas yang beriman, cerdas, padang sehat, sejahtera dan berbudaya (bercahaya) dengan kerja keras dan kerja cerdas",


Dengan berpedoman kepada RPJMD kabupaten padang lawas tahun 2020-2024 maka tema RKPD kabupaten padang kesejahteraan covid-19 lawas yaitu "pemulihan kesejahteraan masyarakat masa pandemi Dengan didukung peningkatan kualitas hidup dan kapasitas sumber daya manusia"

Adapun ringkasan proyeksi perubahan anggaran pendapatan belanja daerah tahun anggaran 2022 sebagai berikut:

1. Pendapatan.
Terdiri dari, a. Pendapatan asli daerah (PAD) pendapatan asli daerah tahun 2022., b. pendapatan transfer 
pendapatan transfer pada
tahunanggaran 2022.
2. Belanja Daerah. Meliputi a. Belanja Operasi., b. Belanja modal., c. Belanja tidak terduga., d. Belanja transfer., dan yang ketiga terkait Pembiayaan.

Demikian penjelasan rancangan perubahan kebijakan umum anggaran (p-kua) dan perubahan prioritas dan plafon anggaran sementara (p ppas) tahun anggaran 2022, untuk selanjutnya mari kita bahas bersama-sama antara legislatif dan eksekutif guna mencapai kesepakatan bersama program pembangunan yang akan kita laksanakan pada tahun anggaran 2022.

Demi kemajuan pembangunan kabupaten padang lawas yang kita cintai sesuai rpjmd tahun 2020 2024 yang telah kita tetapkan bersama.

Saya mengucapkan terima kasih atas perhatian saudara pimpinan dan segenap anggota dewan serta hadirin sekalian, semoga allah swt, selalu meridhoi usaha kita semua.

Semoga Perubahan APBD Tahun 2022 dapat ditetapkan tepat waktu dengan tetap memperhatikan kinerja pembangunan tahun 2022,” pungkas Sekdakab Palas Arpan Nasution, S.Sos., selesai bacakan sambutan Plt Bupati Palas. (WD-041)

Komentar Anda

Berita Terkini